Sorong (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Sorong, George Yarangga, Senin, mengunjungi Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu guna mengecek kesiapan penyelenggaraan Pemilu tersebut menjalankan tahapan pesta demokrasi 2024.

Penjabat Wali Kota Sorong bersama Ketua KPU dan Bawaslu berdiskusi tentang tahapan-tahapan yang telah dilakukan dan sedang berjalan guna kesuksesan Pemilu 2024.

George mengatakan kunjungan tersebut guna melihat secara langsung kondisi kantor dan kesiapan kedua institusi tersebut menghadapi Pemilu.

Kunjungan ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan pemerintah daerah kepada KPU dan Bawaslu, sekaligus melihat secara dekat kekurangan-kekurangan yang dihadapi.

Dia berharap KPU maupun Bawaslu terus berkoordinasi dengan Pemkot Sorong melalui Kesbangpol untuk menyukseskan tahapan-tahapan Pemilu.

Komisioner KPUD Kota Sorong, Yudi Rahawarin yang memberikan keterangan terpisah, menyampaikan bahwa tahapan pemilu sudah memasuki tahap pendaftaran administrasi partai politik sebagai peserta Pemilu.

Selanjutnya verifikasi perbaikan administrasi partai politik yang masih kurang dilakukan oleh KPU kabupaten dan Kota secara nasional.

Ia menjelaskan, di kota Sorong terdapat 16 partai politik yang sudah mendaftar namun belum diketahui pasti di mana lokasi sekretariatnya.

Karena itu, tambah Yidi dilakukan pengecekan hingga batas waktu 14 Desember 2022. Dan partai politik yang memenuhi syarat sesuai ketentuan akan diumumkan mengikuti kontestasi Pemilu 2024.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022