Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo beserta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) mengawali kunjungan kerja di NTT dengan menyapa dan bermain bersama siswa-siswi sejumlah taman kanak-kanak (TK) di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Rabu.

Ibu Negara dan rombongan tiba di Kantor Bupati Manggarai Barat sekira pukul 10.37 WITA disambut tarian selamat datang Tiba Meka yang dibawakan oleh para pelajar SMK Negeri 3 Komodo, demikian keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta.

Ibu Negara dan para anggota OASE KIM kemudian menyaksikan demo pemilahan dan pembuangan sampah oleh para siswa-siswi TK yang dilanjutkan dengan simulasi gerakan cuci tangan pakai sabun.

Baca juga: OASE KIM bagikan paket sekolah dan sembako bagi masyarakat Labuan Bajo

"Selamat pagi semuanya anak-anak. Siapa tadi yang cuci tangan? Tadi cuci tangan pakai apa?" kata Ibu Negara menyapa para siswa-siswi TK.

"Sabun," jawab siswa-siswi TK dengan kompak dan semangat.

Ibu Negara melanjutkan interaksi dengan siswa-siswi TK, mengedukasi pengenalan hewan-hewan melalui dongeng.

Baca juga: Iriana mendongeng kepada anak-anak di Labuan Bajo

Sebelum dongeng dimulai, Ibu Negara mengajak siswa-siswi TK untuk bernyanyi bersama lagu "Pelangi-Pelangi".

Ibu Negara lantas menuturkan dongeng tentang angsa putih sembari sesekali bertanya kepada siswa-siswi TK, "Angsa putih bisa berenang tidak?"

"Bisa!" seru anak-anak TK serempak.

Iriana melanjutkannya dengan mengenalkan hewan-hewan lain seperti beruang, capung, hingga kambing.

Baca juga: TNI-Polri amankan kunjungan Ibu Negara Iriana ke Labuan Bajo

"Beruang makannya apa?" kata Ibu Negara melontarkan pertanyaan di sela-sela mendongeng.

"Madu, Bu!" jawab salah seorang siswa TK yang kemudian mendapat hadiah buku dari Ibu Negara.

Ibu Negara mengakhiri interaksinya bersama siswa-siswi TK Manggarai Barat dengan mengajar mereka bermain kereta-keretaan bersama.

Dalam kesempatan tersebut, OASE KIM juga turut menyerahkan sejumlah bantuan berupa paket buku bacaan anak, wastafel cuci tangan, paket peralatan olahraga, tempat sampah, dan bibit sayur-mayur kepada sejumlah penerima di Manggarai Barat.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022