Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar RI di Nairobi, Kenya, mengadakan pertemuan untuk mempromosikan Trade Expo Indonesia (TEI) 2022 kepada para pengusaha Kongo dan perwakilan Kementerian Perdagangan Luar Negeri Kongo serta mendorong partisipasi mereka dalam pameran dagang tersebut.

Kegiatan promosi TEI 2022 itu dilakukan secara daring dan luring oleh KBRI Nairobi di Kinshasa, Kongo, pada Selasa (27/9) melalui kerja sama dengan Kementerian Perdagangan dan Organizing Committee TEI 2022.

Pertemuan itu dihadiri oleh sekitar 15 orang pengurus dan anggota Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Republik Demokratik Kongo, kata KBRI Nairobi dalam keterangannya pada Kamis.

Pada pertemuan tersebut, Duta Besar RI di Nairobi Hery Saripudin menekankan pentingnya memanfaatkan momentum global pemulihan dari pandemi COVID-19 untuk meningkatkan kembali interaksi langsung di antara pelaku ekonomi dari Indonesia dan Kongo.

"Sejak 2014, Presiden Joko Widodo sudah memberikan fokus perhatian ke kawasan Afrika, terutama untuk penguatan diplomasi di bidang ekonomi," kata Hery.

Pada kegiatan promosi itu, perwakilan dari Kemendag RI dan wakil panitia penyelenggara TEI 2022 menyampaikan paparan tentang rencana pelaksanaan Trade Expo Indonesia mendatang, termasuk mengenai kategori komoditi atau produk yang akan dipamerkan, pemberian fasilitas penjemputan dan transportasi bagi para tamu TEI, serta fasilitas lainnya.

Pada kesempatan itu, perwakilan Kadin Indonesia menyambut baik minat Kadin Kongo untuk mempererat kerja sama di antara pelaku usaha kedua negara.

Bahkan, pimpinan Kadin Kongo mengajukan usulan untuk pembahasan dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) di antara kedua pihak, kata KBRI Nairobi.

Untuk mempromosikan TEI lebih lanjut, Dubes Hery juga mengadakan serangkaian pertemuan dengan para pengusaha swasta Kongo.

Dalam rangkaian pertemuan tersebut, dia menekankan pentingnya partisipasi kalangan bisnis Kongo pada TEI 2022.

"TEI 2022 merupakan platform one-stop-shop yang dapat menawarkan program yang komprehensif, termasuk seminar dan business matching yang bisa dimanfaatkan oleh kalangan pengusaha Kongo dalam meningkatkan hubungan perdagangan dengan Indonesia," ujarnya.

Hery mengharapkan dukungan agar interaksi kalangan bisnis dari Indonesia dan Kongo dapat dipererat melalui kerja sama di antara Kadin kedua negara.

Trade Expo Indonesia merupakan ajang tahunan untuk mempromosikan peluang perdagangan, pariwisata, dan investasi di Indonesia.

TEI ke-37 pada 19-23 Oktober 2022 akan menampilkan berbagai komoditas unggulan Indonesia, mulai dari produk manufaktur sampai dengan produk dan jasa layanan digital.

Baca juga: KBRI Nairobi promosikan Trade Expo Indonesia 2022 di Kenya
Baca juga: KBRI Nairobi pulangkan ABK bermasalah dari Somalia

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022