masih banyak pendaftar yang belum sampai tahap finalisasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan pendaftaran pendidikan profesi guru (PPG) Prajabatan akan ditutup pada 30 September 2022 pukul 24.00 WIB.

“Awalnya penutupan dilakukan pada 26 September, akan tetapi karena masih banyak pendaftar yang belum sampai tahap finalisasi maka diundur penutupan hingga 30 September 2022,” ujar Pelaksana tugas (Plt) Direktur Pendidikan Profesi Guru Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek Temu Ismail, di Jakarta, Jumat.

PPG Prajabatan merupakan upaya transformasi pendidikan untuk memenuhi kebutuhan dan pemenuhan guru, baik secara kuantitas maupun kualitas guru. Program PPG Prajabatan 2022 dirancang dengan berbagai penyelarasan yang didasarkan pada program transformasi pendidikan Merdeka Belajar.
​​​​​​
Perkuliahan, akan menggunakan model baru yang dirancang dengan desain perkuliahan dengan menggunakan proses pembelajaran yang berorientasi pada praktik pengalaman lapangan.

“Proses ini mengedepankan inkuiri, dan kebiasaan refleksi, dan terintegrasi dengan kampus, sekolah, serta masyarakat dengan menggunakan teknologi digital,” kata dia beberapa waktu lalu.

Baca juga: Kemendikbudristek sebut kuota PPG Prajabatan capai 40.000 orang
Baca juga: Kemendikbudristek: PPG Prajabatan upaya transformasi pendidikan guru

Lulusan PPG Prajabatan diharapkan mampu menjadi guru profesional pemula dapat menjadi teladan, dan pembelajar yang mampu mengembangkan rencana, pelaksanaan, serta evaluasi pembelajaran yang berpusat pada peserta didik.

Program PPG Prajabatan 2022, dilaksanakan agar dapat menghasilkan lulusan calon guru yang kompeten dan profesional serta mampu menyiapkan siswa menghadapi tantangan yang semakin kompleks sehingga bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap pembangunan nasional.A
​​​​​​
Seleksi calon mahasiswa program PPG Prajabatan Gelombang 2 Tahun 2022 dibuka untuk 18 bidang studi prioritas. Sebelumnya pada gelombang satu, pendaftaran PPG telah dibuka untuk 19 prodi prioritas dengan kuota mencapai 40.000 orang.

Baca juga: Pendaftaran PPG Prajabatan dibuka hingga 26 September 2022
Baca juga: Kemendikbudristek buka seleksi PPG Prajabatan 2022
Baca juga: Rekrutmen PPG Prajabatan hadirkan pendidik generasi baru

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022