Masyarakat kami sangat meminati kegiatan tradisi budaya yang setiap tahunnya digelar di Kota Singkawang.
Pontianak (ANTARA) - Wali Kota Miri di Serawak (Malaysia) Adam Yii menyatakan ingin lebih mempererat kerja sama berbagai bidang dengan Kota Singkawang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

"Untuk mewujudkan hal itu hari ini juga Sabtu, 1 Oktober didampingi Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Raden Sigit Witjaksono melakukan kunjungan ke Kota Singkawang dan bertemu langsung dengan Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie," kata Adam Yii saat melakukan pertemuan dengan KJRI, di Kuching, Sabtu.

Dia menjelaskan, kunjungan kerja ke Kota Singkawang (Indonesia) ini dalam rangka meningkatkan kerja sama dari berbagai sektor, yakni bidang ekonomi, pendidikan, budaya, perdagangan dan pariwisata.

Adam Yii mengatakan, Kota Singkawang dipilih untuk melakukan kerja sama, karena memiliki kedekatan budaya dan agama, yakni Tionghoa.

“Masyarakat kami sangat meminati kegiatan tradisi budaya yang setiap tahunnya digelar di Kota Singkawang, seperti perayaan Tahun Baru China atau Imlek, dan ini baru permulaan jika ada potensi lain kerja sama serupa juga akan kami lakukan di kabupaten/kota lainnya di Kalbar,” ujarnya pula.

Untuk memuluskan peningkatan kerja sama itu, Wali Kota Miri berharap bisa dibukanya rute penerbangan dari Miri ke Kota Pontianak, sehingga perjalanan ke Kota Singkawang dapat lebih cepat lagi.

Konjen RI Raden Sigit Witjaksono mengatakan kerja sama yang dilakukan ini sangat baik dan perlu didukung untuk kemajuan kedua belah pihak.

"Kami berharap kerja sama, baik itu di bidang budaya, pendidikan, wisata dan lainnya dapat terus meningkat. Hasil kemajuannya kami harapkan tidak hanya untuk Kota Singkawang akan tetapi juga untuk wilayah lain di Indonesia khususnya di Kalbar, begitu juga tidak hanya bermanfaat bagi Kota Miri, akan tetapi juga secara umum untuk wilayah Serawak,” kata Sigit.

Sigit menambahkan, dari kerja sama ini yang perlu diperhatikan dan pertimbangkan bagaimana menghubungkan dua sisi antara Kota Miri dan Kota Singkawang, karena jarak sangat jauh apabila ditempuh menggunakan kendaraan jalan darat.

“Terkait hal ini KJRI Kuching telah melakukan upaya dengan membicarakan hal tersebut bersama Kementerian Transportasi Serawak, sehingga kami upayakan tidak hanya menyediakan transportasi bus seperti yang sudah ada, akan tetapi nantinya konektivitas transportasi udara juga,” katanya lagi.
Baca juga: Masyarakat Singkawang didorong beralih gunakan kendaraan listrik
Baca juga: BWSK bantu pengadaan geobag dan pompa atasi banjir Singkawang

Pewarta: Andilala dan Slamet Ardiansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022