Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia selama sepekan terakhir sejak Senin (26/9) hingga Sabtu (1/10), mulai dari Presiden Jokowi memimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila hingga KPU RI merancang empat PKPU dalam menghadapi Pemilu 2024.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

1. Presiden Jokowi pimpin upacara Hari Kesaktian Pancasila
Presiden Joko Widodo pada Sabtu memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Upacara diawali dengan laporan dari komandan upacara, Kolonel Infantri Fendri N Raminta, yang sehari-hari adalah komandan Brigade Infantri Para Rider Divisi Infanteri 1 Kostrad, kepada Jokowi selaku inspektur upacara.

Selengkapnya baca di sini.

2. KPU RI rancang empat PKPU hadapi Pemilu 2024
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tengah merancang empat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) dalam menghadapi Pemilu Serentak 2024 yang kini memasuki tahapan verifikasi calon peserta pemilu.

"Empat isu strategis yang kini dibahas untuk menjadi PKPU, yakni tentang pemuktahiran data pemilih, syarat pencalonan DPD, partisipasi masyarakat, dan daerah pemilihan," kata anggota KPU RI August Mellaz di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Jumat.

Selengkapnya baca di sini.

3. Panglima TNI bahas kerja sama melibatkan 10 negara tetangga
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menghadiri kegiatan Indo-Pacific Chief of Defence Conference untuk membahas sejumlah kerja sama di berbagai sektor yang melibatkan 10 negara tetangga.

"Tidak hanya latihan bersama, pertemuan dengan negara counterpart bertujuan untuk menjalin kerja sama pengembangan infrastruktur khususnya dilakukan oleh angkatan bersenjata," kata Jenderal TNI Andika Perkasa dipantau dari kanal YouTube, di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

4. Komisi III DPR pilih Johanis Tanak pengganti Lili Pintauli di KPK
Komisi III DPR RI memilih Johanis Tanak sebagai pengganti Lili Pintauli sebagai pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Johanis Tanak terpilih sebagai calon anggota pengganti pimpinan KPK masa jabatan 2019—2023. Apakah dapat disetujui," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Adies Kadir sebagai pimpinan rapat yang dijawab setuju oleh para anggota Komisi III.

Selengkapnya baca di sini.
​​
5. Lukas Enembe: Saya belum bisa bicara terlalu banyak
Gubernur Papua Lukas Enembe di Jayapura, Jumat, mengatakan dirinya masih dalam keadaan sakit dan belum beraktivitas seperti orang sehat pada umumnya.

Dalam keterangan video yang diterima di Jayapura, Jumat, dia juga mengaku kakinya mengalami pembengkakan sehingga sulit berjalan.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022