Bangka (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali diwakili Sekretaris Kemenpora Jonni Mardizal secara resmi membuka Perkemahan Antar Satuan Karya Tingkat Nasional (Peran Saka Nasional) 2022 di Bumi Perkemahan Depati Amir Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Kakak Menpora Zainudin Amali menyampaikan selamat melaksanakan Peran Saka Nasional tahun ini di Bangka Belitung," kata Jonni Mardizal saat membuka Peran Saka Nasional 2022 di Bumi Perkemahan Depati Amir Desa Balun Ijuk Kabupaten Bangka, Minggu.

Ia mengatakan kegiatan Peran Saka Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2022 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dimulai pada 2 hingga 9 Oktober 2022 ini untuk menciptakan generasi muda yang berdaya saing, inovatif yang dapat menciptakan perubahan yang nyata.

Selain itu, kegiatan ini ini juga dapat menumbuhkan pola fikir inovatif yang dapat mendorong kreativitas dan inovasi anak bangsa dalam memberikan kontribusi penting dan signifikan dengan menerapkan konsep-konsep pembangunan berkelanjutan.

"Sudah selayaknya gerakan pramuka ini perlu mendapatkan dukungan kita semua, untuk menciptakan generasi muda yang berdaya saing," ujarnya.

Ia menjelaskan tujuan penyelenggaraan Peran Saka Nasional ini sejalan dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 yang menyebutkan bahwa gerakan pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia, berjiwa patriotik, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun negara kesatuan Republik Indonesia.

"Kami berharap kegiatan ini dapat mendekatkan masing-masing satuan karya dalam upaya menanamkan nilai-nilai persaudaraan dan kerukunan di masyarakat," ujarnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat memunculkan nilai-nilai kepedulian antar sesama anggota pramuka dan masyarakat.

"Kami berharap kegiatan ini juga dapat menambah wawasan yang dimiliki generasi muda terhadap perkembangan zaman dan kebutuhan bangsa serta meningkatnya kesehatan fisik bagi generasi muda bangsa ini," katanya. ***3***

Baca juga: Menpora minta edukasi suporter dimasifkan menyusul tragedi Kanjuruhan
Baca juga: Menpora diminta Presiden Joko Widodo turun langsung ke Malang

Pewarta: Aprionis
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022