Jakarta (ANTARA) - Ketua Tim Panitia Seleksi (Pansel) Calon Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI Anwar Makarim mengatakan sembilan calon anggota Komnas HAM yang telah dipilih Komisi III DPR RI Periode 2022-2027 memenuhi asas gender.

"Salah satu harapan pansel itu sebenarnya supaya gender bisa merefleksi, dan itu terbukti di mana tiga dari sembilan calon adalah perempuan," kata Ketua Tim Pansel Calon Komisioner Komnas HAM RI Anwar Makarim saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Komisi III DPR RI telah memilih sembilan dari 14 nama calon Komisioner Komnas HAM periode 2022-2027. Nama tersebut ialah Atnike Nova Sigiro, Abdul Haris Semendawai, Anis Hidayah, Hari Kurniawan, Prabianto Mukti Wibowo, Pramono Ubaid Tanthowi, Putu Elvina, Saurlin P. Siagian, dan Uli Parulian Sihombing.

Baca juga: Komisi III minta calon anggota Komnas HAM terpilih buat terobosan

Dari sembilan nama yang dipilih Komisi III DPR RI itu, tiga di antaranya merupakan calon komisioner perempuan, yakni Anis Hidayah, Atnike Nova Sigiro, dan Putu Elvina.

Terpilihnya tiga perempuan di lembaga HAM itu sekaligus memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan di lembaga negara. Hal tersebut membawa perubahan signifkan di mana periode saat ini hanya ada satu komisioner perempuan, yaitu Sandrayati Moniaga.

Baca juga: Komisi III DPR pilih sembilan calon anggota Komnas HAM 2022-2027
Baca juga: 14 calon anggota Komnas HAM akan ikuti uji kelayakan dan kepatutan


Secara umum, Makarim melihat nama-nama yang dipilih Komisi III DPR RI merupakan calon terbaik setelah melalui sejumlah rangkaian seleksi.

Dari sembilan nama calon Komisioner Komnas HAM Periode 2022-2027, kata dia, dua calon petahana yakni Beka Ulung Hapsara dan Amiruddin dicoret Komisi III DPR RI.

"Periode lalu ada satu calon petahana tapi sekarang sama sekali tidak ada," kata dia.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022