Jambi (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Merangin, Jambi, memastikan kawasan wisata Geopark Merangin sudah bersih dari sampah plastik agar situs warisan zaman purbakala itu lolos UNESCO Global Geopark (UGG).
 
Kadis Kominfo Merangin, M. Arief, Selasa, mengatakan, Diskominfo Merangin turut memastikan kesiapan Geopark Merangin masuk UGG dengan berbagai strategi di antaranya melalui para pejuang dari Diskominfo Merangin.

Puluhan pejuang Kominfo Merangin setiap hari, sejak 1 Oktober lalu hingga hari ini bergotong royong (Goro) di kawasan Air Terjun Mengkaring, sehingga kawasan favorit para wisatawan itu bersih dari sampah.
 
‘’Ini merupakan hari keempat para pejuang Kominfo Merangin melakukan goro di kawasan Air Terjun Mengkaring,’’ katanya.

Baca juga: Hutan Adat Serampas jadi bagian penilaian Tim UGG-Geopark Merangin

Baca juga: Geopark Merangin menuju UNESCO Global Geopark
 
Berkat kerjasama Aparatur Sipil Negara (ASN) Merangin bersama Pemkab, kawasan itu sudah bebas dari sampah-sampah plastik.
 
"Sebab, tim evaluasi UNESCO sangat 'alergi' dengan sampah plastik yang tidak bisa terurai meski dalam waktu lama," katanya menambahkan.
 
Sampah plastik yang terdiri dari bekas botol minuman dan sampah jajanan lainnya yang berserakan dipungut dari lokasi wisata tersebut. Dia mengatakan, ini semakin membuat menawannya kawasan Geopark Merangin karena bersih dari sampah plastik.
 
"Sudah puluhan karung sampah plastik dikumpulkan dari botol-botol plastik yang berserakan dipungut di lokasi wisata yang menawan itu. Alhamdulillah, sudah diangkut mobil sampah,’’ ujarnya
 
Sementara itu, selain Diskominfo Merangin, ada lima dinas lagi yang bertanggungjawab atas kebersihan Air Terjun Mengkaring.
 
Pemda juga menyediakan tempat sampah untuk menunjang penilaian kebersihan kawasan tersebut.
 
‘’Tong sampah pada H-2 sudah ada, sehingga pengunjung tidak membuang sampah sembarangan lagi,’’ katanya.
 
Kawasan Air TerjunMengkaring merupakan salah satu titik Geopark Merangin Jambi yang dinilai oleh tim evaluator Unesco. Sehingga Pemkab Merangin selalu memastikan kawasan itu harus steril dari sampah, terlebih sampah plastik.
 
"Diskominfo Merangin terus mengupdate informasi terbaru, melakukan twibbon dan mencetak spanduk terkait Geopark," katanya menjelaskan.*

Baca juga: Geopark Merangin gandeng Geopark Rinjani jelang penilaian UNESCO

Baca juga: Pemkab siapkan tim dampingi penilai dari UNESCO ke Geopark Merangin

Pewarta: Tuyani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022