Merangin akan siapkan tim ahli bahasa dan orang yang tahu betul Geopark Merangin
Merangin, Jambi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Merangin Provinsi Jambi menyiapkan tim khusus untuk mendampingi tim asesor dari UNESCO yang akan memberikan penilaian terhadap Geopark (Taman Bumi) Merangin masuk menjadi UNESCO Global Geopark (UGG).

"Tim asesor dari UNESCO segera datang untuk melakukan penilaian Geopark Merangin, bagian dari upaya menuju UNESCO Geopark. Merangin akan siapkan tim ahli bahasa dan orang yang tahu betul Geopark Merangin," kata Bupati Merangin H Mashuri di Bangko Kabupaten Merangin, Sabtu.

Menurut Bupati, tim asesor dari UNESCO akan segera tiba guna melakukan asesmen terhadap Geopark Merangin. Tim inilah nanti yang akan menentukan Geopark Merangin menuju UNESCO Global Geopark (UGG).

Baca juga: Kemenparekraf fasilitasi Geopark Merangin jadi Unesco Global Geopark

Secara khusus pula pihaknya telah menyiapkan tahapan, salah satunya menggelar Rapat Asesmen Geopark Merangin, bersama para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Kita harus menyiapkan secara matang atas asesmen Geopark Merangin yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Sarana dan prasarana Geopark harus dicek betul. Kita akan sambut tim itu mulai kedatangan sampai pulangnya nanti," kata Bupati.

Diperkirakan tim asesor UNESCO itu, akan berada di Kabupaten Merangin selama tiga hari. Kehadiran tim ahli bahasa dan orang yang tahu betul tentang Geopark Merangin akan menentukan dan menjadi bagian penting yang bisa memberikan informasi yang tepat mengenai kekayaan alam Geopark Merangin.

Baca juga: Menyusuri kawasan geologi Geopark Merangin menuju pengakuan UNESCO

Sedangkan setelah nanti lolosnya Geopark Merangin menjadi UGG, Bupati berencana memindahkan rumah dinas bupati ke lokasi lain. Lokasi rumah dinas bupati itu akan dijadikan hotel bintang lima.

"Kita akan sambut kunjungan wisatawan dunia di hotel yang sangat memadai. Buat tamu-tamu dunia kita yang datang itu senyaman dan sebetah mungkin berada di Merangin," kata Bupati.

Sarana penunjang lainnya kehadiran Bandara Perintis di Merangin juga harus segera diwujudkan. Bupati berharap dengan sudah lengkapnya fasilitas itu, wisatawan mancanegara akan berbondong-bondong datang ke Merangin.

"Untuk mewujudkan itu perlu tim yang solid. Ini semua bisa dilakukan pada 2025," katanya.

Di samping itu, sambung Bupati, perlu dukungan semua lapisan masyarakat dan kearifan lokal untuk menyambut wisatawan mancanegara.

Baca juga: TMII nyatakan siap promosikan Geopark Merangin Jambi

Baca juga: Kemenparekraf dukung pengembangan SDM Geopark Merangin

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022