Jayapura (ANTARA) - Bupati Merauke Romanus Mbraka terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Pengurus Provinsi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Pengprov ISSI) Papua masa bakti 2022-2026 dalam musyawarah olahraga provinsi luar biasa (Musorprovlub) di Jayapura, Rabu.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi Papua sebelumnya, Andi Astribhaskoro Emir Tajibarani, mengatakan ketua umum baru itu diharapkan bisa lebih mengembangkan balap sepeda karena cabang olahraga ini merupakan salah satu yang masuk dalam prioritas Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

"Artinya pemerintah sangat mendukung penuh agar ke depan ISSI terus maju dan berkembang," katanya.

Menurut Tajibarani, yang juga sebagai
Ketua Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan (OK) Pengurus Besar ISSI, Ketua ISSI Papua yang terpilih harus dapat mengurus organisasi dengan baik dan sehat.

"Karena sebelumnya ISSI Papua sempat vakum sehingga tidak dapat mengikuti ajang PON XX Papua 2021," ujarnya.

Terkait hal itu, pihaknya berharap setelah pemilihan ketua umum program kerja ISSI Papua dapat berjalan sehingga prestasi para atlet balap sepeda Papua menjadi lebih baik.

"Karena pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) di Banyuwangi, Jawa timur Juli 2022 kami bisa meraih satu medali emas sehingga ke depan ISSI Papua bisa memberikan lebih banyak medali," katanya lagi.

Sementara itu, Ketua Bidang Organisasi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua, Hengky Sawaki, mengatakan Musorprovlub merupakan amanah yang wajib untuk dilaksanakan sehingga pihaknya meminta ISSI dapat ditata dengan baik hingga menjadi luar biasa.

"Yang terpenting juga organisasi ini harus diurus dengan hati karena begitu akan menghasilkan hasil yang baik pula," katanya.

Dia menambahkan pihaknya berharap kepada ketua terpilih untuk punya komitmen memajukan olahraga sepeda agar bisa meraih prestasi dan juara.

"Kami berharap kepengurusan baru ini bisa menunjukkan prestasi yang terbaik di ajang Kejurnas maupun PON XXI di Aceh dan Sumatera Utara," ujarnya.


Baca juga: Gowes Jakarta-Papua jadi ajang rekrutmen talenta daerah
Baca juga: Timnas BMX Indonesia ke Kolombia ikuti empat seri Piala Dunia 2022
Baca juga: M. Fadli terbantu dengan teknologi bike fitting dalam pemilihan sepeda

 

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2022