Jakarta (ANTARA) - KBRI Sarajevo menyelenggarakan pencocokan bisnis (business matching) untuk mendukung diplomasi ekonomi Indonesia, terutama di bidang ekspor produk nasional.

Kegiatan yang dilaksanakan di Sarajevo pada Selasa (4/10) itu diikuti oleh para pebisnis dan instansi publik dari Indonesia dan Bosnia-Herzegovina, serta menghadirkan Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga sebagai pembicara, demikian keterangan tertulis KBRI pada Rabu.

Pengusaha yang hadir dalam kegiatan business matching sebagian besar merupakan supplier dan manufaktur produk untuk kawasan Eropa Barat dan wilayah Balkan, yang memiliki pakta perdagangan bebas bea masuk dengan negara-negara Eropa.

Situasi tersebut dapat dimanfaatkan bagi supplier produk Indonesia untuk mengembangkan pasar potensial di Bosnia-Herzegovina terutama produk non-migas khususnya minyak sawit, kertas, rempah-rempah, dan produk herbal.

Kegiatan tersebut menghasilkan tindak lanjut berupa minat dari beberapa perusahaan Bosnia-Herzegovina untuk memperoleh shortening atau mentega putih, kertas, serta penawaran untuk mengikuti kegiatan Trade Expo Indonesia mulai pertengahan Oktober-Desember 2022 secara daring.

Turut berpartisipasi dalam business matching yaitu Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI, Kepala Indonesia Trade Promotion Center di Budapest, dan asosiasi pengusaha dari BIZNID, serta sejumlah perwakilan dari pemerintah Bosnia-Herzegovina dan 10 perusahaan Bosnia-Herzegovina.

Baca juga: KBRI Sarajevo dorong peningkatan kerja sama Indonesia-Bosnia
Baca juga: Indonesia berkomitmen tingkatkan kerja sama bilateral dengan Bosnia-Herzegovina


Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2022