berharap gerakan PSN itu terus berlanjut
Mentok, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan gerakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) sebagai upaya pencegahan penyebaran demam berdarah dengue (DBD).

"Sejak Januari hingga Agustus 2022 tercatat 523 kasus DBD di seluruh kecamatan. Pada bulan September berdasarkan data yang sudah masuk dari Kecamatan Mentok ditemukan enam kasus dan dari Jebus 11 kasus, sedangkan dari empat kecamatan lain masih dalam proses pendataan oleh petugas," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi di Mentok, Kamis.

Menurut dia, BPBD yang selama ini dilibatkan Dinas Kesehatan dalam upaya penanganan DBD memiliki tanggung jawab untuk melakukan sosialisasi, edukasi dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama melakukan gerakan PHBS dan PSN.

"Beberapa kali kami turun langsung ke lapangan untuk PSN bersama warga dan unsur pemerintah, TNI dan Polri. Kami berharap gerakan PSN itu terus berlanjut secara terus-menerus, terutama di musim hujan sebagai upaya memutus mata rantai kembang biak nyamuk sekaligus penyebaran DBD," katanya.

Baca juga: Bangka Barat layani tes spesifik DBD gratis di seluruh puskesmas
Baca juga: Dinkes Bangka Tengah catat 195 kasus DBD


Secara berkala BPBD bangka Barat juga melakukan sosialisasi, edukasi dan simulasi gerakan bersih lingkungan di sekolah-sekolah, permukiman kumuh, rumah ibadah, perkantoran dan tempat umum lainnya sebagai upaya pemberantasan sarang nyamuk.

Menurut dia, gerakan PSN dinilai paling efektif memutus mata rantai penularan DBD, untuk itu diharapkan masyarakat ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan secara terus menerus dan selalu menerapkan PHBS.

"Dinkes sebagai motor penggerak utama, kami BPBD siap membantu melakukan penyuluhan, edukasi dan simulasi pencegahan DBD kepada masyarakat agar terbangun kesadaran komunal memutuskan mata rantai penularan," ujarnya.

Baca juga: HAKLI Bangka ingkatkan masyarakat waspadai sebaran DBD
Baca juga: Tekan DBD, warga Bangka Belitung diminta tidak menolak "fogging"

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, sampai saat ini tercatat 540 kasus DBD dan delapan pasien diantaranya meninggal dunia.

Berdasarkan pencatatan per bulan pada 2022, yaitu pada Januari 110 pasien dan tiga meninggal dunia, Februari 58 kasus satu meninggal dunia, Maret 20 satu meninggal dunia, April 46 kasus, Mei 38 kasus, Juni 82 kasus, Juli 83 kasus dan dua meninggal, Agustus 86 kasus dan satu meninggal.

Sedangkan September tercatat 17 kasus dari dua kecamatan, sedangkan empat kecamatan lain masih dalam proses pendataan.

Baca juga: Tiga daerah di Jabar tertinggi kasus dengue nasional

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022