Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo tiba di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis siang, untuk membuka secara resmi the 8th G20 Parliamentary Speakers Summit (P20)  (P20) di Jakarta, Kamis.

Berdasarkan pantauan ANTARA, Presiden Jokowi beserta rombongan tiba di Gedung Nusantara sekitar pukul 13.40 WIB dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam. Kedatangan Presiden Jokowi tersebut disambut langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani beserta jajarannya yang telah menunggu di dalam Gedung Nusantara.

Sebelumnya, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis pagi, Puan telah menyampaikan bahwa Presiden Jokowi dijadwalkan membuka Pertemuan P20 di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta.

"Presiden Jokowi akan membuka secara resmi acara P20 tersebut pada pukul 13.00 WIB," kata Puan.

P20 merupakan pertemuan yang delegasinya terdiri atas para ketua parlemen dari seluruh negara G20, termasuk dari negara-negara ekonomi terbesar di dunia.

"Saya harapkan nantinya akan membuat parlemen dunia bisa ikut berpartisipasi dalam hal-hal yang sekarang ini menjadi satu isu yang sangat global. Tentu saja, yang pertama ketahanan pangan, kemudian energi terbarukan, dan lain sebagainya," jelas Puan.

Baca juga: DPR: lntegrasikan pendekatan HAM untuk atasi perubahan iklim

Penyelenggaraan P20 bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antarparlemen demi mewujudkan tujuan dari negara-negara G20, yakni mencapai stabilitas perekonomian global dan pertumbuhan berkelanjutan melalui fungsi penganggaran, pembuatan undang-undang, serta pengawasan yang dimiliki parlemen.

P20 merupakan salah satu engagement group dalam gelaran G20, di mana Indonesia memegang kursi presidensi di tahun 2022.

Berbagai persiapan telah dilakukan secara matang dalam menyelenggarakan P20. Hal itu membuktikan bahwa DPR RI juga turut serta dalam menyukseskan rangkaian acara G20 guna mengangkat citra Indonesia di mata dunia, sekaligus menghidupkan ekonomi dan pariwisata di Tanah Air.

Keikutsertaan DPR RI dalam P20 ini diharapkan membantu dan turut berpartisipasi dalam implementasi semua program Pemerintah yang nantinya akan melaksanakan G20 pada November di Bali.

Baca juga: Puan bertemu Ketua Parlemen Rusia bahas konflik Rusia-Ukraina
Baca juga: Ketua komite luar negeri DPR AS hadiri KTT P20 di Jakarta

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022