Jakarta (ANTARA) - Anak muda Papua dan Papua Barat tergabung dalam Eksponen Muda Papua menilai Presiden Joko Widodo berhasil membangun Papua hingga ke wilayah pedalaman.

"Di sektor kesehatan, pendidikan hingga infrastruktur telah dibangun sampai ke daerah pedalaman. Dulunya belum tersentuh," katanya Ketua Umum Eksponen Muda Papua, Rahman Fatur, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Menurut dia, akselerasi pembangunan infrastruktur di era Jokowi dinilai berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. Hal ini dikarenakan infrastruktur yang dibangun membuat perekonomian masyarakat semakin bergeliat. Infrastruktur yang memadai dapat mengurangi waktu tempuh perjalanan sehingga mempercepat jalur logistik.

Baca juga: Kodam XVIII/Kasuari dukung Polda Papua Barat atasi kelompok bersenjata

Eksponen Muda Papua merupakan organisasi yang mewadahi para mahasiswa dan mahasiswi asal Papua dan Papua Barat yang sedang menempuh pendidikan tinggi di wilayah Jabodetabek.

Di tanah Papua, pemerintah tercatat telah melakukan berbagai pembangunan infrastruktur di Bumi Cenderawasih, diantaranya pembangunan jalan Trans Papua, pembangunan bandara, pelabuhan hingga Jembatan Youtefa hingga Pos Lintas Batas Negara Sota di Kabupaten Merauke.

Baca juga: Realisasi pembangunan Pelabuhan Laut Sanur capai 94,13 persen

Ia menyatakan pembangunan di era Jokowi di Papua hampir diseluruh sektor. Bahkan, Jokowi belasan kali datang ke Papua untuk memastikan pembangunan di Papua berjalan dengan efektif dan maksimal.

Rahman menyebut, Jokowi pun telah membuat Instruksi Presiden Nomor 09 Tahun 2020 tentang Percepatan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat, sebagai bentuk keseriusan pemerintah terhadap pembangunan diberbagai sektor di tanah Papua.

Baca juga: Freeport janji bangun industri di Papua setelah smelter Gresik rampung

"Presiden Jokowi dalam pemerintahannya berjalan efektif dalam membangun Papua, dan itu yang memang kita rasakan dan juga secara realitas di lapangan," katanya menegaskan.

Ia berharap pemerintahan Jokowi terus meningkatkan membangun di Papua. Ia pun bersiap mendukung kebijakan untuk kebaikan Papua.

Selain itu, Rahman juga berharap Eksponen Muda Papua bisa menjadi wadah bagi anak muda Papua mengembangkan minat, bakat dan pengembangan dirinya untuk kemajuan Papua khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Baca juga: Pembangunan Mako Guspurla I di Natuna telah selesai 95 persen

Pewarta: Fauzi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022