Mamuju, Sulbar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) menyiapkan aplikasi untuk pemasaran produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu.

"Aplikasi E-LAKUMI telah diluncurkan Pemerintah Sulbar yang diharapkan dapat membantu pemasaran produk pemasaran UMKM di Sulbar," kata asisten III Pemprov Sulbar, Jamil Barambangi, di Mamuju, Kamis.

Ia mengatakan, aplikasi E-LAKUMI dikelola Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulbar.

Ia meminta agar pelaku UMKM di Sulbar dapat memanfaatkan aplikasi tersebut dalam memasarkan hasil produknya agar dapat lebih terkenal luas diseluruh masyarakat Indonesia.

"Para pelaku UMKM juga diminta melakukan inovasi dengan memperbaiki kemasan dan kualitas produknya agar dapat semakin diminati pasar, dan meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM dan dipasarkan melalui aplikasi E-LAKUMI," katanya.

Ia mengatakan, UMKM salah satu pendorong pembangunan ekonomi daerah, namun selama ini dipasarkan secara manual sehingga belum diminati masyarakat luas dari berbagai daerah di Indonesia.

Sehingga pemerintah membantu pelaku UMKM memasarkan produknya melalui aplikasi E-LAKUMI agar nantinya produk UMKM dapat semakin berkembang dan mendorong pembangunan ekonomi daerah.

Ia juga mengatakan, pemerintah Sulbar juga nantinya akan membangun kawasan pemasaran produk khas UMKM Sulbar agar setiap orang yang berkunjung ke Sulbar dapat berkunjung kesana dan dan dapat dikenal luas.

"Produksi khas lokal UMKM Sulbar yang cukup banyak seperti tenunan Sekomandi, Sambu dari Mamasa dan kain Sa'be maupun Anek kuliner, inilah akan dibuatkan kawasan pemasarannya," katanya.
Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) pada peluncuran aplikasi untuk pemasaran produk UMKM di Sulbar, Kamis (06/10/2022) ANTARA Foto/M Faisal Hanapi

Ia berharap dengan program pembangunan kawasan pemasaran tersebut akan menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Sulbar serta membangun ekonomi daerah.

 

Pewarta: M.Faisal Hanapi
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022