Untuk penanaman bibit buah, diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan lokal untuk masyarakat sekitar dan hutan di kampus peradaban UBB akan lebih lengkap dan tertata sehingga nanti siap menjadi hutan wisata
Pangkalpinang (ANTARA) - BUMN PT Pelindo Regional II Pangkalbalam, Pangkalpinang bekerja sama dengan Universitas Bangka Belitung (UBB) melakukan kegiatan penanaman 500 bibit buah-buahan sebagai upaya pelestarian lingkungan hutan kampus peradaban UBB di Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung.

GM Pelindo Regional II Pangkalbalam, Nofal Hayin di Pangkalpinang, Jumat, mengatakan kegiatan itu sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekaligus memperingati ulang tahun PT Pelindo (Persero).

"Selain penanaman bibit buah, kami juga menyalurkan bantuan beasiswa kepada 15 mahasiswa perguruan tinggi negeri tersebut," katanya.

Menurut dia, bantuan beasiswa tahap pertama ini dianggarkan sebesar Rp30 juta, diperuntukkan bagi mahasiswa kurang mampu yang berprestasi di UBB.

"Kami berharap kerja sama ini bisa berlanjut dan berkesinambungan karena manfaatnya cukup besar untuk mahasiswa, perguruan tinggi dan Pelindo dapat berkontribusi untuk kemajuan pendidikan di Babel," kata Nofal Hayin.

Rektor UBB Dr Ibrahim menyambut baik kerja sama dengan PT Pelindo, baik dalam upaya pelestarian lingkungan maupun dukungan dalam bidang pendidikan.

"Kami bersyukur dipilih menjadi salah satu tempat penyaluran program tanggung jawab sosial dan lingkungan PT Pelindo, dalam reklamasi lingkungan dan bantuan beasiswa untuk beberapa mahasiswa yang uang kuliah tunggal rendah dan diberikan kesempatan untuk membuat makalah tentang Pelindo," katanya.

Adanya bantuan beasiswa tersebut diharapkan memberikan motivasi kepada para penerima manfaat sekaligus meringankan beban keluarga.

"Untuk penanaman bibit buah, diharapkan dapat memperkuat ketahanan pangan lokal untuk masyarakat sekitar dan hutan di kampus peradaban UBB akan lebih lengkap dan tertata sehingga nanti siap menjadi hutan wisata," katanya.

Ia berharap, PT Pelindo sebagai salah satu perusahaan milik BUMN diharapkan bisa saling memperkuat laju perekonomian masyarakat Babel dan melakukan inovasi-inovasi untuk memudahkan layanan dan jasa di transportasi laut.

"Setiap hari masyarakat di daerah kepulauan ini tidak terlepas dengan aktivitas pelabuhan, kita harap Pelindo sebagai penyedia layanan dan jasa transportasi laut dapat terus berkembang dan berinovasi memberi layanan terbaik untuk masyarakat dengan harga terjangkau, khususnya pengguna jasa transportasi," demikian Ibrahim.

Baca juga: Akademiisi UBB; Reklamasi laut dapat menjadi destinasi wisata

Baca juga: PT Timah dan UBB teliti tanaman endemik Babel

Baca juga: Akademisi: Karang buatan laut Bangka terancam maraknya tambang timah

Baca juga: UBB minta penggunaan dosen asing tidak permanen

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022