Jakarta (ANTARA) - Produk perawatan kulit yang mengandung retinol dan vitamin C dipercaya dapat mencegah penuaan. Namun apakah keduanya boleh digunakan secara bersama?

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Arini Widodo Sp.KK, mengatakan pada dasarnya retinol dan vitamin C boleh dipakai berbarengan. Namun, berpotensi untuk membuat kulit menjadi iritasi.

"Jadi bukan sama sekali enggak boleh, kalau mau, ya harus satu-satu," ujar dr. Arini saat bincang di Jakarta, Kamis (6/10).

Lebih lanjut, dr. Arini mengatakan retinol dan vitamin C memiliki kandungan aktif yang kemungkinan dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi, kulit kering hingga mengelupas.

Kedua kandungan tersebut juga bekerja di pH yang asam yang rendah atau disebut ascorbic acid sehingga meningkatkan potensi iritasi.

"Kalau digabungin sama peeling-peeling yang acid, berarti tingkat pH kita di kulit kayak jadi asam kan, itu akan keluar potensi untuk iritasi," kata dr. Arini.

dr. Arini pun menyarankan untuk menggunakan serum retinol dan vitamin C secara bergantian. Misalnya, vitamin C untuk pagi hari dan retino di malam hari.

Baca juga: Ekstrak Edelweiss jadi alternatif pengganti retinol

Baca juga: Simpan produk "skincare" berbahan retinol tak perlu di kulkas

Baca juga: Retinol hingga BHA, kandungan serum yang perlu dihindari bumil

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022