kami terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi dosis ketiga
Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Simeulue, Aceh, melalui Dinas Kesehatan mengintensifkan program vaksinasi guna meningkatkan capaian anak yang menerima vaksin COVID-19, terutama dosis ketiga, di kabupaten kepulauan tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Hanafi Lubis di Simeulue, Jumat, mengatakan capaian vaksinasi COVID-19 dosis ketiga di kabupaten kepulauan tersebut masih rendah.

"Capaian vaksinasi vaksin COVID-19 dosis ketiga pada anak masih rendah. Kendati demikian, kami terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi dosis ketiga," kata Hanafi Lubis.

Ia mengatakan hingga saat ini anak yang sudah menerima vaksin COVID-19 dosis ketiga di Kabupaten Simeulue sebanyak 572 anak. Capaian tersebut baru lima persen dari 11.078 anak yang menjadi sasaran vaksinasi.

Sementara, capaian vaksinasi COVID-19 dosis kedua, kata Hanafi Lubis, mencapai 80,1 persen atau sebanyak 8.875 anak. Sedangkan dosis pertama sebanyak 8.808 anak atau sekitar 80 persen.

Baca juga: 26.768 warga Simeulue sudah divaksinasi COVID-19 dosis ketiga

Baca juga: Satgas COVID-19 Simeulue fokus vaksinasi dosis penguat


"Vaksinasi vaksin dosis ketiga atau penguat kepada anak ini penting diberikan karena mengingat hingga saat ini COVID-19 masih ada, kendati angka penularannya melandai," kata Hanafi Lubis.

Pihaknya melakukan berbagai upaya percepatan vaksinasi anak seperti mendatangi sekolah-sekolah serta lembaga pendidikan lainnya.

"Termasuk menyosialisasikan kepada orang tua akan pentingnya vaksinasi vaksin COVID-19 kepada anak. Pemberian vaksin ini untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap COVID-19," kata Hanafi Lubis.

Ia mengingatkan anak yang sudah divaksin untuk tetap selalu mematuhi protokol kesehatan. Sebab, pandemi COVID-19 belum berakhir dan protokol kesehatan merupakan cara efektif menangkal demam virus corona tersebut.

"Patuhi protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, serta tidak berkerumunan. Ikuti program vaksinasi guna mengakhiri pandemi COVID-19," kata Hanafi Lubis.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Baca juga: Satgas: Simeulue nihil kasus COVID-19 selama libur Lebaran

Baca juga: Satgas: Simeulue nihil kasus COVID-19

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022