Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa dan kabar penting serta menarik terjadi di DKI Jakarta selama sepekan terakhir pada periode 1-7 Oktober 2022 yang direkam pewarta ANTARA.

Dalam periode tersebut, diinformasikan berita yang informatif, menarik dan layak untuk diulas kembali antara lain mengenai Rumah Batik Palbatu, Anies deklarasi sebagai calon Presiden, hingga tembok MTsN 19 roboh.

Baca juga: Rumah Batik Palbatu harap bisa perbanyak kolaborasi dengan pemerintah

Berikut adalah rangkuman berita Jakarta selama sepekan terakhir:

1. Rumah Batik Palbatu harap bisa perbanyak kolaborasi dengan pemerintah

Saat ini kami butuh dukungan pemerintah secara totalitas
Jakarta (ANTARA) - Rumah Batik Palbatu berharap bisa memperbanyak kolaborasi dengan pemerintah untuk mengenalkan kerajinan batik di dalam dan luar negeri.

"Saat ini kami butuh dukungan pemerintah secara totalitas karena ingin lebih dikenal oleh banyak orang," kata Pendiri Rumah Batik Palbatu, Budi Harry dalam siaran langsung di akun YouTube resmi Layanan Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya di sini.

2. 3,9 juta pedagang di Jakarta telah gunakan sistem transaksi digital

Jakarta (ANTARA) - Penggunaan sistem transaksi digital di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan di DKI Jakarta terus tumbuh dan kini telah mencapai 3,9 juta pedagang (merchant).

Angka tersebut, menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI), Juda Agung dalam keterangannya di Jakarta, Minggu, berkontribusi sebesar 18 persen dari total pedagang nasional yang telah menggunakan "​​​​​Quick Response Code Indonesian Standard" (QRIS) dalam sistem pembayarannya.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: 3,9 juta pedagang di Jakarta telah gunakan sistem transaksi digital

3. DPRD DKI beri catatan untuk Anies usai deklarasi jadi calon presiden

Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono memberikan catatan kepada Gubernur Anies Baswedan usai deklarasi dicalonkan menjadi presiden oleh Partai NasDem pada Pemilihan Umum 2024 mendatang.

"Silahkan tunaikan tugas dengan baik, tapi tidak menggunakan panggung dia sebagai gubernur untuk pondasi menuju pilpres 2024. Silahkan sisa waktu yang tersedia digunakan untuk menyelesaikan program-program yang belum sempat dikerjakan," kata Gembong saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

4. TACB: Halte Transjakarta Jatinegara juga ganggu cagar budaya

Jakarta (ANTARA) - Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) mengungkapkan pembangunan revitalisasi Halte TransJakarta yang menghalangi visual ke arah cagar budaya juga terjadi di Jatinegara, Jakarta Timur yakni menghalangi Gereja Koinonia atau sebelumya Gereja Bethel.

"Kita juga melihat di Jatinegara, tepatnya di depan Gereja Koinonia, itu kan menjulang dan salah satu di antara halte ikonik yang akan dibangun. Berarti persoalannya tidak hanya di sekitar Hotel Indonesia, tetapi juga di Jatinegara," kata Ketua TACB Candrian Attahiyat saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Selengkapnya di sini.

5. Penumpang TransJakarta diminta aktivasi kartu uang elektronik

Jakarta (ANTARA) - Anak usaha BUMD DKI, PT JakLingko Indonesia meminta penumpang TransJakarta untuk melakukan aktivasi kartu uang elektronik yang digunakan untuk membayar tiket agar tidak terblokir oleh sistem.

"Langkah yang bisa dilakukan supaya bisa membuka blokir, harus dilakukan 're-set' (mengatur ulang) kartu di setiap halte," kata Direktur Utama JakLingko Muhammad Kamaluddin di Jakarta, Selasa.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: MUI sebut transaksi digital perlu diawasi agar tak langgar hukum Islam

6. Anggota DPRD: Penambangan sampah mampu jawab darurat sampah DKI

Jakarta (ANTARA) - Komisi D DPRD DKI Jakarta menilai pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang dengan cara penambangan (landfill mining) dan pembakaran sampah atau Refused Derived Fuel (RDF) Plant mampu menjawab persoalan darurat sampah DKI Jakarta.

Ketua Komisi Bidang Pemerintahan DPRD DKI Jakarta Ida Mahmudah meyakini dua fasilitas tersebut mampu menjawab kekhawatiran itu mengingat produksi sampah Jakarta yang dikirimkan ke Bantargebang telah menyentuh angka sekitar 8.000 ton lebih per hari.

Selengkapnya di sini.

7. Pemprov DKI fasilitasi perbaikan bangunan MTsN 19 yang roboh

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi perbaikan bangunan yang roboh akibat banjir di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 19, Jakarta Selatan hingga menyebabkan tiga pelajar meninggal dunia.

"Dari sisi Pemprov, untuk bisa membangun kembali kami siap untuk mendukung," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika melayat salah satu korban tewas di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis malam.

Selengkapnya di sini.

Baca juga: Gubernur DKI genggam tangan ibu korban tembok roboh MTsN 19

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022