Jakarta (ANTARA) -
Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengunjungi Royal Military College (RMC) Duntroon yang merupakan Kawah Candradimuka Akademi Militer Australia di Canberra, ACT, Senin.
 
Dalam kunjungan itu Jenderal Dudung meninjau fasilitas pendidikan, kegiatan belajar, latihan para taruna, dan bertatap muka dengan perwakilan perwira TNI AD yang sedang menempuh pendidikan di RMC Duntroon tersebut.
 
Mantan Pangkostrad ini berpesan kepada personel TNI AD yang melaksanakan program pertukaran di RMC Duntroon agar melaksanakan penugasan ini sebaik-baiknya dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya calon pemimpin Angkatan Darat sehingga nantinya mampu menjawab tantangan kemajuan zaman di masa depan.

Baca juga: Dudung dan Kasad Belanda bahas penguatan kerja sama TNI AD-AD Belanda
 
"Kalian sebagai duta bangsa harus menjaga nama baik dengan belajar dan berlatih di sini dengan baik. Ilmu dan pengalaman yang didapat di sini menjadi bekal kalian saat berdinas untuk membawa TNI, khususnya TNI Angkatan Darat menjadi lebih maju dan kuat," ujarnya dalam siaran persnya.
 
Rangkaian kunjungan Jenderal Dudung diakhiri dengan acara makan siang bersama Kasad Australia dan Penandatanganan Buku Kerja Sama TNI AD dan AD Australia yang berjudul "Diggers and Serdadu".
 
Pada hari yang sama, Kasad melakukan kunjungan kehormatan kepada Kasad Australia Letjen Simon Stuart di Markas Besar Angkatan Darat Australia-Russell Offices, Canberra.

Baca juga: Kasad sambut baik keinginan Angkatan Darat Prancis berlatih bersama
 
Kedua Angkatan Darat optimistis dengan intensitas pertemuan dan komunikasi antara keduanya semakin meningkatkan kualitas kerja sama militer, baik yang sedang berjalan maupun pada masa mendatang.
 
Jenderal Dudung mengungkapkan arti penting kerja sama bilateral kedua angkatan darat yang berada di satu kawasan Asia-Pasifik.
 
"Kehadiran Angkatan Darat Indonesia dan Australia memegang peranan penting untuk stabilitas kawasan. Oleh karena itu, perlu terjalin kerja sama yang makin erat di bidang pendidikan dan latihan militer antara TNI AD dengan AD Australia," kata Dudung.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022