UMKM Maluku Utara akan memperoleh banyak manfaat dengan adanya acara Gernas BBI ini,
Ternate (ANTARA) - Ketua Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) Provinsi Maluku Utara Asrul Gailea mengatakan,  pelaksanaan Gernas BBI Maluku Utara menjadi kesempatan UMKM untuk meningkatkan pemasaran produknya lebih luas.

"UMKM Maluku Utara akan memperoleh banyak manfaat dengan adanya acara Gernas BBI ini," ujar Asrul Gailea ditemui di Ternate, Maluku Utara, Rabu.

Ia mengatakan, Maluku Utara terkenal dengan julukan kota rempah, sehingga banyak produk UMKM yang berasal dari rempah-rempah, seperti pala, kenari, dan sejumlah produk lainnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, Gernas BBI harus dilaksanakan secara maksimal sehingga Gernas BBI ini dapat mendorong UMKM Maluku Utara untuk melakukan ekspor.

Ia menambahkan, UMKM juga didorong untuk masuk ke dalam ekosistem digital agar dapat meningkatkan jumlah transaksinya melalui e-commerce.

"Teknologi digital menjadi kesempatan bagi UMKM di Maluku Utara untuk bisa memasarkan dan mengenalkan produk-produknya ke seluruh Indonesia, bahkan dunia," tuturnya.

Untuk mencapai hal tersebut, Asrul mengatakan, UMKM di Maluku Utara akan mendapatkan pembinaan dan pendampingan dalam hal promosi, pemasaran, dan manajemen usaha.

Gernas BBI 2022 diselenggarakan pada 13-16 Oktober 2022 di Ternate, Maluku Utara dengan tagline #GeloraMalukuUtara. Gernas BBI tersebut diselenggarakan atas kerja sama Kemendes PDTT dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

Secara terpisah, Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Taufik Madjid mengatakan, Gernas BBI menjadi salah satu cara untuk mengembangkan produk UMKM yang juga sebagai bukti rasa cinta kepada tanah air.

"Insya Allah dengan ini kita bisa bangkit dan pulih lebih cepat untuk Indonesia lebih baik di masa depan," kata Sekjen Taufik.

Menurutnya, menyukseskan Gernas BBI adalah langkah strategis untuk mewujudkan perekonomian Indonesia pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

"Gernas BBI menjadi salah satu cara untuk mengembangkan produk Indonesia, kembangkan UMKM yang juga sebagai bukti rasa cinta kepada tanah air. Insya Allah dengan ini kita bisa Bangkit dan Pulih Lebih Cepat untuk Indonesia lebih baik di masa depan," ucapnya.

​​​​​​

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022