Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama membuka berbagai layanan mulai konsultasi keluarga hingga sertifikasi halal saat penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX di Provinsi Kalimantan Selatan yang mulai dihelat pada Rabu.

"Gunakan konsultasi untuk mendapatkan sertifikasi halal gratis di booth Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH)," ujar Pembina Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama (DWP Kemenag) Eny Retno Yaqut dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan saat ini Kemenag tengah menggelontorkan program terkait peningkatan kapasitas pelaku usaha mikro kecil (UMK) melalui Sertifikasi Halal Gratis (Sehati).

Dia mengatakan saat ini sertifikasi halal menjadi keharusan bila pelaku usaha ingin memperluas pasar nasional hingga mancanegara. Selain itu, industri produk halal sudah menjadi gaya hidup global.

"Karena kita tahu sekarang itu halal lifestyle sudah menjadi tren global. Kalau nanti punya sertifikasi halal membuat produk kita punya kesempatan masuk ke pasar internasional," kata dia.

Baca juga: Wapres Ma'ruf akan resmikan MTQ tingkat Nasional XXIX

Eny mengatakan pada penyelenggaraan MTQ nasional tahun ini diikuti lebih dari 190 anjungan dari berbagai instansi, pelaku UMKM, serta pihak swasta.

Selain itu, Kemenag membuka 14 anjungan layanan, di antaranya konsultasi keluarga sakinah, konsultasi literasi, hingga zakat wakaf dari 12-16 Oktober 2022.

Kemenag juga menghadirkan anjungan Bayt Quran dan Museum Istiqlal yang memperlihatkan mushaf-mushaf Quran di Indonesia. Ada juga anjungan Balitbang Diklat Kemenag yang menampilkan berbagai hasil kajian penelitian keagamaan.

Selain pembukaan MTQ Nasional Expo 2022 di Alun-Alun Martapura, hari ini juga digelar Pelantikan Dewan Hakim MTQ Nasional XXIX di Banjar Baru. Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin juga telah bertolak dari Jakarta menuju Kalimantan Selatan untuk membuka MTQ Nasional XXIX Kalsel, Rabu malam.

Upacara pembukaan rencananya digelar di Kiram Park, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kemenag.

Baca juga: Gubernur berharap peserta MTQN sempatkan kunjungi wisata Kalsel
Baca juga: Kafilah MTQ Nasional dijamu di tepi Sungai Martapura
Baca juga: Pawai taaruf ramaikan MTQ Nasional di Kota Intan Martapura Kalsel

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022