Al Quran menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan menghasilkan kemajuan bagi manusia, selain bermusabaqah tentu mari kita dalami isi Al Quran ini menjadi pedoman kehidupan
Pekanbaru (ANTARA) - Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Riau (Unri) menguji kemampuan 180 mahasiswa asal 10 fakultas dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Mahasiswa Tingkat Universitas Tahun 2023 untuk selanjutnya disiapkan mewakili perguruan tinggi itu meraih prestasi di MTQ nasional.

"Kegiatan ini diharapkan mampu menghadirkan khafilah dari Unri untuk MTQ tingkat nasional. Peserta terbaik ini nantinya dipersiapkan dan diberi pelatihan guna meningkatkan kemampuan mereka agar bisa meraih prestasi tingkat nasional," kata Rektor Unri Prof Dr Sri Indarti, SE, MSi, dalam taklimat media di Pekanbaru, Rabu.

MTQ Mahasiswa Tingkat Unri tahun 2023 digelar sejak Selasa (29/8) hingga Kamis (31/8) 2023,

Rektor mengatakan Unri dari tahun ke tahun selalu meraih prestasi terbaik pada MTQ mahasiswa. "Dan pada tahun 2023 semoga Unri dapat tetap meraih prestasi terbaik tersebut," katanya..

Al Quran, katanya, adalah instrumen penting umat Islam untuk keluar dari fase kegelapan menuju fase terang benderang.

"Al Quran menjadi sumber inspirasi untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dan menghasilkan kemajuan bagi manusia, selain bermusabaqah tentu mari kita dalami isi Al Quran ini menjadi pedoman kehidupan," kata Sri Indarti.

Tema MTQ mahasiswa tingkat Unri 2023 adalah "Membangun Peradaban Indonesia Bersama Generasi Qur’ani" yang dipusatkan di Gedung M Diah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Kampus Bina Widya Unri.
​​​​​​​
Ketua Pelaksana MTQ Mahasiswa Tingkat Universitas Tahun 2023, Ns Safri, M.Kep Sp Kep MB  menjelaskan sebanyak 180 peserta dengan 12 cabang lomba yakni Musabaqah Tilawatil Qur'an, Musabaqah Qiroah Saba`ah, Musabaqah Tartil Qur'an, Musabaqah Hifdzil Qur'an (10 Juz, 20 Juz), Musabaqah Desain Aplikasi Al Qur'an.

Selain itu cabang lomba Musabaqah Fahmil Qur'an, Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Al-Qur'an, Musabaqah Syarhil Qur’an, Musabaqah Khaththil Qur'an (Kontemporer/Dekorasi), Musabaqah Debat Bahasa Inggris Kandungan Al Qur'an, Musabaqah Debat Bahasa Arab Kandungan Al Qur'an, dan Musabaqah Pembacaan Kitab Barzanji atau Kitab Maulid Nabi Muhammad SAW.

"Lomba ini menghadirkan Dewan Hakim dari Ikatan Persaudaraan Qori Qoriah dan Hafizh Hafizhah (IPQAH) Provinsi Riau dengan di Ketua Dewan Hakim Ustadz Zamri S.Pdi MS," katanya.

Sedangkan 180 peserta berasal dari 10 fakultas yakni Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 21 orang dengan mengikuti 9 cabang MTQ, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sebanyak 28 orang mengikuti 11 cabang MTQ, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 16 orang dengan mengikuti 7 cabang MTQ, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 23 orang dengan mengikuti 7 cabang MTQ, Fakultas Teknik (FT) sebanyak 19 orang dengan mengikuti 7 cabang MTQ, Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) sebanyak 10 orang dengan mengikuti 5 cabang MTQ..

Selain itu Fakultas Pertanian (FP) sebanyak 19 orang dengan mengikuti 11 cabang MTQ, Fakultas Hukum (FH) sebanyak 11 orang dengan mengikuti 4 cabang MTQ, Fakultas Kedokteran (FK) sebanyak 11 orang dengan mengikuti 5 cabang MTQ, Fakultas Keperawatan (FKp) sebanyak 13 orang dengan mengikuti 7 cabang MTQ, dan peserta Independen 9 orang. 

Baca juga: Universitas Jambi tuan rumah MTQ Mahasiswa Nasional 

Baca juga: Syafira ke pemilihan mahasiswa berprestasi nasional 2023

Baca juga: Universitas Negeri Malang juara umum MTQ Mahasiwa Nasional

Baca juga: Mahasiswa UNRI entaskan warga buta aksara di daerah terpencil

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023