Pekanbaru (ANTARA) - Universitas Riau (Unri) menjajaki kerja sama dengan Universiti Malaysia Pahang Al-Sultan Abdullah (UMPSA) bidang teknologi dan budaya pada 2023.

"Sebab UMPSA terus memperkuat ekosistem pelatihan pendidikan teknik dan kejuruan dan program ini sejalan dengan agenda Higher TVET (Technical Vocational Education and Training) dan Pemerintah Malaysia saat ini sedang memobilisasi program tersebut," kata Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Sistem Informasi Unri Sofyan Husein Siregar saat menerima kunjungan pihak UMPSA di Pekanbaru, Senin.

Dia mengatakan bahwa Unri merasa terhormat atas kunjungan rombongan dari UMPSA. Kegiatan itu sekaligus menjadi momentum berharga untuk mempererat hubungan silaturahim serta mempererat kerja sama kedua pihak.

Baca juga: UI jajaki kemitraan dengan perguruan tinggi di Eropa

Kunjungan ini, katanya, sebagai bukti mempererat hubungan antara Unri dan UMPSA karena pada masa mendatang salah satu tantangan yang harus dihadapi berupa pengembangan ilmu pengetahuan dari segi budaya dan teknologi.

"Apalagi Riau dan Malaysia memiliki kesamaan budaya yang dapat mempererat hubungan," katanya.

Ia menyatakan bahwa Unri menyambut kedatangan tim UMPSA yang dilanjutkan dengan berkenalan dan berdiskusi mengenai kerja sama kedua universitas ini serta seminar antardua universitas tersebut.

Pihaknya menyambut positif kolaborasi dengan mitra di kancah global dan lokal. Kolaborasi tersebut sebagai beragam, antara lain ilmu pengetahuan, teknologi, teknik dan lintas disiplin.

"Kolaborasi strategis ini memungkinkan industri dan masyarakat untuk bertukar pengetahuan dan keterampilan guna meningkatkan kinerja mereka melalui elemen pendidikan, penelitian dan pengembangan, dan layanan," demikian Sofyan Husein Siregar.

Baca juga: Kerja sama Unpatti-universitas di Korsel diapresiasi pemerintah
Baca juga: Unila dan MSU Filipina kerja sama kembangkan wilayah pesisir

Pewarta: Frislidia
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023