Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) dan Mindanao State University (MSU) Filipina menjalin kerja sama dalam upaya pengembangan wilayah pesisir.

"Dalam upaya pengembangan wilayah pesisir Rektor Unila Lusmeilia Afriani telah melakukan penandatangan kerja sama dengan MSU," kata Wakil Rektor IV Unila Ayi Ahadiat, saat dihubungi dari Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan dalam kerja sama tersebut sejumlah poin yang dibahas oleh kedua belah pihak seperti pengembangan dan pertukaran pelajar dan pembelajaran di bidang oseanografi, agrikultur, perikanan, dan pengembangan wilayah pesisir.

"Secara spesifik MSU pun menawarkan pengembangan produk sains dan teknologi rumput laut," katanya.

Sehingga, lanjut dia, apa yang ditawarkan oleh MSU terkait penelitian maupun diversifikasi produk untuk rumput laut harus segera ditindaklanjuti oleh Unila karena memiliki peluang yang cukup baik bagi pengembangan sains dan teknologi kedua belah pihak.

Baca juga: KKP-UNILA jalin kerja sama riset sosial ekonomi

"Hal ini dapat dilakukan melalui kerja sama antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unila dengan pusat pengembangan rumput laut di Mindanao State University,” ucapnya.

Selain itu Unila juga menjajaki kerja sama dengan University of Mindanao, Filipina, guna pengembangan program studi (prodi) berbasis teknologi.

"Dalam meningkatkan peran Unila, khususnya dalam pengembangan prodi yang berbasis teknologi, kami telah menjalin kerja sama dengan berbagai universitas, salah satunya University of Mindanao," katanya.

Hal tersebut, lanjutnya, dilakukan saat Unila berpartisipasi di dalam 13th UTM University President Forum (UPF) 2023 yang diselenggarakan Universiti Teknologi Malaysia (UTM) pada 8-11 Agustus 2023 di Johor Bahru, Malaysia.

"Ke depan perguruan tinggi ini dapat berperan aktif dalam pengembangan prodi-prodi berbasis teknologi di regional ASEAN maupun Asia Pasifik,” katanya. 

Baca juga: Pemprov Lampung ajak perguruan tinggi kembangkan teknologi di desa

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023