Pekanbaru (ANTARA) - Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Sri Indarti SE Msi menjajaki kerja sama bidang pendidikan dengan Konsulat Jenderal Jepang Wilayah Medan dan sekitarnya yang dipimpin Konjen Takonai Susumu.

"Banyak hal yang bisa kita bahas di sini, di antaranya peluang kerja sama antara Universitas Riau dengan Jepang, dari sisi perguruan tinggi, Pemerintah Jepang maupun dengan swasta yang ada di Jepang," kata Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Sri Indarti SE Msi di ruang kerja Rektor di gedung Rektorat Universitas Riau di Pekanbaru, Rabu.

Baca juga: Unri-UMPSA jajaki kerja sama bidang teknologi dan budaya

Menurut Profesor Dr Sri, Unri memikirkan bagaimana agar kerja sama dengan Jepang terus bisa meningkat secara kualitas dan kuantitas apalagi banyak dosen Unri juga lulusan Jepang, sehingga Jepang bukan orang baru bagi Unri melainkan mitra yang telah lama berjalan bersama.

Sedangkan maksud kedatangan Konsulat Jenderal Jepang berkunjung ke Unri adalah untuk menjalin silahturrahmi dengan perguruan tinggi wiliayah kerja dari Konsulat Jepang yang meliputi Sumatera Bagian Tengah itu.

Baca juga: Universitas Muhammadiyah Riau-Unri jajaki kerja sama buka FK

Pada kesempatan ini, Rektor Unri didampingi Wakil Rektor Bidang Akademis Dr Mexsasai Indra SH MH, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keungan Dr Agus Sutikno SP MP, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr Hermandra SPd MA.

Selain itu Rektor Unri juga didampingi Wakil Rektor Bidang Perencanaan Kerjasama dan Sistem Informasi Dr Ir Syofian Husein Siregar Mphil, serta Koordinator Program Studi Bahasa Jepang Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Dr Merri Silvia Basri SS MSi.

Baca juga: Unri jajaki kerja sama pendidikan dengan 3 universitas di Belanda

Dr Ir Syofian Husein Siregar selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama Perencanaan dan Sistem Informasi berharap ada visiting lecture, join research, students exchange, dan kerja sama lain dengan Konsulat Jenderal Jepang Wilayah Medan.

"Unri memiliki kekuatan dalam keragaman budaya yang saya harapkan dapat dikemas dengan baik sebagai bahan kerja sama pertukaran pengetahuan kebudayaan dengan Jepang," katanya.

Baca juga: Universitas Riau-PSU Thailand jajaki kerja sama bidang pendidikan

Konjen Takonai Susumu akan berusaha melakukan komunikasi intensif dengan otoritas Jepang agar apa yang menjadi keinginan Rektor Unri tersebut dapat segera terealisasi.

"Kami Konsulat Jendral Jepang, di sini hadir sebagai perpanjangan tangan pemerintah Jepang, tentu apa yang menjadi keinginan Ibu Rektor untuk menjalin Kerja sama akan sangat berati bagi kami,’’ demikian Takonai Susumu. ***3*** T.F011

 

Pewarta: Frislidia
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023