Banjarmasin (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor berharap para peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 menyempatkan diri mengunjungi objek wisata di provinsi itu.

"Karena banyak objek wisata di daerah kami ini yang bisa dikunjungi," ujarnya saat acara Malam Taaruf Kafilah MTQ Nasional di siring sungai Martapura di Kota Banjarmasin, Selasa malam ini.

Gubernur menyebutkan, para peserta MTQ nasional yang datang dari berbagai provinsi di Indonesia bisa berkunjung ke objek wisata religi di Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar yang tempat perlombaan.

Baca juga: Kalteng juara I pawai taaruf MTQ Nasional

Seperti di Kota Banjarmasin, ungkapnya, ada mesjid bersejarah Kesultanan Banjar juga makam Sultan Banjar pertama, yakni Sultan Suriansyah, mesjid Sabilal Muhtadin dan Mesjid Jami Sungai Jingah.

Untuk di Kabupaten Banjar, kata Sahbirin, objek wisata religi yang sudah mendunia dan jutaan orang mengunjungi adalah ziarah ke makam KH Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sakumpul dan makan Syeh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kalampayan.

Tidak hanya menyajikan wisata religi, kata Gubernur, namun juga Kalsel memiliki objek wisata alam yang indah, juga dekat dengan venue perlombaan MTQ Nasional, seperti wisata alam Tahura dan Bukit Batu yang ada di daerah Kabupaten Banjar.

Baca juga: Kafilah MTQ Nasional dijamu di tepi Sungai Martapura

"Kalau ke objek wisata alam Tahura itu cuma 20 menit dari Kota Banjarbaru, di sana ada wisata olahraga paralayang dan keindahan hutan dan pegunungan," paparnya.

Gubernur Kalsel yang lebih akrab disapa Paman Birin ini pun menyatakan provinsinya bagaikan sebuah selendang dari surga, kaya akan wisata alam yang teramat indah.

"Jadi sayang kalau sudah berada di Kalsel tidak mengunjungi wisatanya, ada juga objek wisata pasar terapung di Lokbaintan Kabupaten Banjar," ujarnya.

Baca juga: Ganjar semangati kafilah Jateng di MTQ

Pada acara malam taaruf tersebut ditampilkan pula wisata sungai, yakni atraksi perahu dan jukung hias di Sungai Martapura Kota Banjarmasin.

Siring sungai Martapura Kota Banjarmasin merupakan salah satu ikon pariwisata Kalsel yang diharapkan bisa dinikmati para peserta MTQ Nasional yang berlangsung dari 10--19 Oktober 2022.

Seremoni pembukaan MTQ Nasional ke-29 akan diselenggarakan pada 12 Oktober 2022 di Kiram Park, Kabupaten Banjar yang dijadwalkan dihadiri Presiden RI Ir H Joko Widodo.

Adapun 12 venue perlombaan pada MTQ Nasional ke-29 yang lombanya dimulai pada 13 Oktober hingga 19 Oktober berada di tiga daerah, yakni di Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru dan Kota Banjarmasin.

 

Pewarta: Sukarli
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2022