Banjarmasin (ANTARA) - Posko Pengamanan Polresta Banjarmasin terus memonitor kelancaran pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX tahun 2022 di Kalimantan Selatan yang kini memasuki hari keempat.

"Alhamdulilah hingga hari ini semuanya berjalan tertib, aman dan lancar alias tidak ada laporan gangguan," kata Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Sabana A Martosumito di Banjarmasin, Kamis.

Terdapat dua Posko Pengamanan Polresta Banjarmasin yang didirikan di lokasi perlombaan MTQ yakni di Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan Masjid Jami Singai Jingah.

Baca juga: Wapres buka MTQ Nasional ke-29 di Kiram Park Kalsel

Personel yang berjaga pun siaga 1x24 jam secara bergantian guna memastikan keamanan dan kelancaran gelaran MTQ.

Begitu juga patroli cipta kondisi ditingkatkan polisi untuk menjaga keamanan kota sekaligus memberikan rasa aman para kafilah yang tersebar menginap di sejumlah hotel di Banjarmasin.

Para kafilah pun diimbau agar tak sungkan datang ke posko jika memerlukan bantuan karena Polresta Banjarmasin memberikan pelayanan Kepolisian yang Presisi, tulus dan ikhlas melayani.

"Ada petugas kesehatan juga yang siaga untuk melayani jika kafilah mengeluhkan sakit dan gangguan kesehatan lainnya atau sekadar ingin beristirahat sejenak di posko," jelas Sabana.

Kapolresta pun memastikan sinergi dan kolaborasi semua unsur terkait pengamanan menjadi kunci mendukung suksesnya MTQ dari sisi kondusivitas keamanan.

"Tentunya kita berterima kasih juga kepada masyarakat di Kota Banjarmasin yang mendukung penuh suksesnya MTQ dengan turut meramaikan kegiatannya sekaligus menjaga kondusivitas wilayah," kata dia.

MTQ Nasional yang dimulai sejak 10 hingga 19 Oktober 2022 mendatang telah dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Rabu (12/10) malam di Kiram Park, Kabupaten Banjar.

Diketahui sebanyak 1.676 peserta dari 34 provinsi di Indonesia mengikuti MTQ Nasional tahun ini dengan tiga daerah di Kalsel sebagai tempat penyelenggaraannya, yakni Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

Baca juga: Menteri Agama: 1.676 orang peserta ikuti MTQ Nasional ke-29 di Kalsel
Baca juga: 13 provinsi ikut cabang hafal Al-Quran 30 juz di MTQN ke-29 Kalsel
Baca juga: Gubernur Sulsel siapkan Rp250 juta peraih emas MTQ XXIX

Pewarta: Firman
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022