obat tradisional yang mengandung BKO itu sangat berbahaya
Banda Aceh (ANTARA) - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Banda Aceh mengajak para ulama di tanah rencong untuk ikut mensosialisasikan bahaya penggunaan bahan kimia obat (BKO) pada obat tradisional.

"Kita berharap para ulama, ustadz di Aceh ikut berpartisipasi melakukan sosialisasi bahaya penggunaan BKO pada obat tradisional," kata Kepala BBPOM Banda Aceh Yudi Noviandi, di Banda Aceh, Rabu.

Menurut Yudi, pendekatan melalui agama penting dilakukan mengingat masyarakat Aceh sangat mendengar apa yang disampaikan oleh para ulama. 

Selain ulama, kata Yudi, peran dari tokoh masyarakat seperti Keuchik (Kepala Desa) juga sangat dibutuhkan guna memberikan edukasi ke masyarakat bahayanya penggunaan BKO pada obat tradisional.

Tak hanya ulama dan Keuchik, Yudi juga sangat mengharapkan adanya sinergitas dari pemerintah daerah dalam hal pengawasan, perizinan. Kemudian dari asosiasi pelaku usaha, akademisi, asosiasi profesi serta media yang kemudian disebut sebagai pentaheliks.

"Jadi sinergitas pentaheliks dalam penanganan obat tradisional yang mengandung BKO di Aceh ini sangat dibutuhkan, sehingga itu dapat kita hilangkan," ujarnya.

Baca juga: Badan POM temukan 41 obat tradisional mengandung BKO di Indonesia
Baca juga: BPOM: 1.094 obat tradisional dan suplemen mengandung bahan kimia obat

Yudi menyebutkan, obat tradisional yang mengandung BKO masih terdapat di Aceh. Hal itu terlihat dari temuan hasil penindakan di lapangan sejak tiga tahun terakhir.

Pada 2020 lalu BBPOM Banda Aceh menemukan satu perkara dengan jumlah temuan 1.776 pcs dengan nilai ekonomi Rp157,4 juta lebih. Kemudian, pada 2021 terdapat empat perkara dengan jumlah temuan 9.286 pcs dan nilai ekonominya Rp43,3 juta lebih.

Selanjutnya tahun 2022 ini terdapat satu perkara dengan temuan 3.247 pcs dengan nilai ekonomi Rp34,2 juta lebih.

"Hasil penindakan selama beberapa tahun terakhir diproses secara pro justitia, dan diberikan sanksi putusan tertinggi penjara dua tahun dan denda Rp250 juta subsider tiga bulan," katanya.

Baca juga: BPOM ingatkan waspadai obat tradisional mengandung zat kimia
Baca juga: BBPOM Kalbar temukan bahan kimia obat dalam Formav-D

Dalam kesempatan ini, Yudi menyampaikan bahwa obat tradisional yang mengandung BKO masih terus beredar di Aceh. Ditemukan di 12 kabupaten/kota se Aceh.

Diantaranya di Kota Banda Aceh, Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Besar, Pidie, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Tamiang, Aceh Barat, Aceh Barat Daya, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, dan Simeulue.

Kata Yudi, obat tradisional mengandung BKO yang beredar di Aceh tersebut rata-rata jenis pelangsing, pegal linu, rematik, obat gemuk dan yang paling banyak obat kuat.

"Dari yang kita temukan barangnya dan kita sita, dan fakta di lapangan itu lebih banyak yang mencari obat kuat itu adalah ibu-ibu," ujar Yudi.

Karena itu, dirinya mengajak semua pihak untuk benar-benar mengedukasi dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak mengkonsumsi obat tradisional yang mengandung BKO tersebut.

"Semua elemen terutama dalam pentaheliks tersebut harus bergerak bersama. Karena obat tradisional yang mengandung BKO itu sangat berbahaya," demikian Yudi Noviandi.

Baca juga: BPOM temukan 59 obat tradisional dengan bahan kimia

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022