Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat bersama Puskesmas Kecamatan Senen rutin membuka Pos Binaan Terpadu (Posbindu) dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk warga lansia di Sekretariat RW 5, Jalan Kalibaru Timur Dalam, Senen.

Lurah Senen, Henny Mahrojah mengatakan,
Posyandu dan Posbindu untuk warga lanjut usia (lansia) ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

"Keberadaan pos ini sangat penting bagi mereka (lansia) karena kita mendekatkan pelayanan kesehatan," kata Henny Mahrojah di Jakarta, Kamis.

Henny berharap warga RW 5 khususnya para lansia ini tetap terjaga kesehatannya dengan mengadakan pengecekan kesehatan secara rutin dan gratis.

"Untuk lansia dan Posbindu total ada 90-an, kalau digabung memang paling banyak lansianya sekitar 75-an," katanya.

Baca juga: Dosen UNP gagas PAUD terintegrasi Posyandu-Lansia
Baca juga: Posyandu di Jakarta Pusat sudah diizinkan buka kembali

Ia menuturkan di Posyandu lansia tersedia berbagai pengecekan kesehatan. Di sini ada pengecekan gula darah, kolesterol dan asam urat.

'Biasanya para lansia ada penyakit tersebut, jadi kita cek dan memonitor untuk mencegah penyakit tersebut," katanya.

Apabila kedapatan lansia yang menderita gula darah, kolesterol atau asam uratnya tinggi, dari pihak Puskesmas Kecamatan Senen akan
menjelaskan dan memberikan obatnya.

Di tempat yang sama, warga RW 05 Sumarni (65) mengaku senang dengan adanya Posyandudan Posbindu ini karena bisa mengecek kesehatannya secara rutin.

"Bagus sekali ada Posyandu dan Posbindu ini karena ada berbagai pengecekan kesehatan yang bagus. Semoga ini terus berlangsung," katanya.

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022