Kondisi Hari Tanpa Hujan (HTH) lebih dari 61 hari,
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan wilayah Kecamatan Taebenu di Kabupaten Kupang, Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur berstatus awas bencana kekeringan akibat musim kemarau yang masih berlangsung di daerah itu.

"Wilayah Taebenu berstatus awas bencana kekeringan dengan kondisi Hari Tanpa Hujan (HTH) lebih dari 61 hari," kata Kepala Stasiun Klimatologi Kelas II Kupang BMKG Rahmattulloh Adji dalam keterangan yang diterima di Kupang, Kamis.

Wilayah Kecamatan Taebenu merupakan satu-satunya wilayah di NTT yang mendapat peringatan dini kekeringan berdasarkan analisa peringatan dini kekeringan meteorologis yang diperbaharui per 10 Oktober 2022.

Rahmattulloh mengimbau masyarakat di wilayah itu agar meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman bencana kekeringan yang berpotensi menimbulkan berbagai dampak seperti berkurangnya persediaan air tanah sehingga menyebabkan kelangkaan air bersih.

Baca juga: BPBD NTT: Rote Ndao tetapkan status darurat kekeringan

Baca juga: Hadapi kekeringan, pemda NTT didorong tingkatkan penyaluran air bersih


Selain itu juga berdampak pada sektor pertanian dengan sistem tadah hujan serta meningkatnya potensi kemudahan terjadinya kebakaran.

Upaya-upaya antisipasi dampak bencana, kata dia perlu dipersiapkan secara baik seperti menghemat penggunaan air, dan melakukan kegiatan menanam tanaman yang tidak memerlukan banyak air sehingga berpeluang untuk bisa dipanen.

"Masyarakat juga perlu menghindari aktivitas yang dapat memicu kemunculan titik api di area terbuka agar tidak menimbulkan kebakaran hutan dan lahan," katanya.

Ia menambahkan, umumnya wilayah NTT saat ini berada dalam masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan sehingga ada daerah yang masih terancam bencana kekeringan serta ada pula daerah yang lebih awal memasuki musim hujan.

Berdasarkan prakiraan peluang curah hujan, kata dia menunjukkan bahwa beberapa wilayah di NTT diperkirakan akan mengalami curah hujan sangat rendah (kurang dari 20 mili meter/dasarian) dengan peluang lebih dari 70 persen.

Baca juga: BMKG imbau warga waspadai HTH ekstrem panjang semakin meluas di NTT

Baca juga: BMKG: Waspadai Hari Tanpa Hujan ekstrem panjang semakin meluas di NTT


 

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022