Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) menyatakan bahwa kegiatan Pramuka berperan penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Kegiatan Pramuka berperan penting dalam mendukung peningkatan kualitas SDM. Gerakan Pramuka diharapkan bisa menjadi wadah bagi para generasi muda untuk dapat mengaktualisasi diri dan berkontribusi dalam pembangunan," kata Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK Femmy Eka Kartika Putri di Jakarta, Kamis.

Kemenko PMK, kata Femmy terus mendukung gerakan Pramuka agar dapat terus berkontribusi positif dalam upaya peningkatan kualitas generasi muda.

"Kemenko PMK terus mendukung kegiatan Pramuka dalam rangka menciptakan kualitas SDM yang unggul dan juga berkualitas," katanya.


Baca juga: Kemenko PMK: Pramuka berperan strategis bentuk karakter generasi muda

Menurut data yang dihimpun Kemenko PMK, pada saat ini penduduk Indonesia didominasi oleh generasi Z dan milenial. Berdasarkan sensus Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2020, dari 270,2 juta penduduk Indonesia, jumlah generasi Z mencapai 75,49 juta jiwa (27,94 persen). Sementara jumlah generasi milenial mencapai 69,90 juta jiwa (25,87 persen).

Femmy menambahkan pramuka merupakan wadah untuk melatih generasi muda melalui penanaman nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong.

"Kegiatan Pramuka melatih anggotanya untuk berkreasi dan berinovasi dengan penanaman nilai-nilai integritas, etos kerja dan gotong royong yang sangat diperlukan bagi generasi muda calon-calon penerus bangsa," katanya.

Melalui kegiatan Pramuka, kata dia, diharapkan generasi muda dapat terampil di bidangnya dan dapat berkontribusi dalam pembangunan di Tanah Air.

"Anggota Pramuka juga diharapkan memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitar," katanya.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan dan Prestasi Olahraga Kemenko PMK Didik Suhardi mengatakan kegiatan Pramuka memiliki peran strategis dalam mendukung pendidikan karakter bagi generasi muda.

"Kegiatan Pramuka sangat strategis dalam membentuk karakter anak dan juga mendukung penguatan implementasi nilai-nilai revolusi mental dalam satuan pendidikan," katanya.

Didik menjelaskan, kegiatan pramuka sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah sangat bagus dan strategis karena menanamkan nilai-nilai penting seperti gotong royong, kemandirian hingga kejujuran.

Baca juga: Pakar: Kegiatan pramuka bermanfaat bagi pembentukan karakter

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2022