Jakarta (ANTARA) - Apple mengembangkan aksesoris "dock" multifungsi yang bisa menjadi perangkat pengisi daya sekaligus speaker pintar, lapor The Verge pada Minggu, mengutip jurnalis Bloomberg Mark Gurman.

Nantinya "dock" untuk iPad itu memungkinkan pengguna melakukan panggilan FaceTime dan menjalankan fungsi kontrol "hands-free" untuk sistem smart home atau rumah pintar.

Bersamaan dengan pengembangan "dock" untuk iPad, Apple juga dikabarkan mengembangkan lebih banyak pembaruan untuk perangkat rumah pintar besutannya yang dikenal juga dengan nama HomePod.

Adapun untuk HomePod terbaru dikabarkan akan membawa chip teranyar bernama S8 serta fungsionalitas multitouch.

Belum diketahui apakah "dock" untuk iPad itu akan dirilis di akhir tahun ini bersamaan dengan rencana peluncuran iPad Pro.

Untuk peluncuran iPad Pro tersebut dikabarkan akan ada dua varian yaitu 11 inci dan 12.9 inci serta dilengkapi chip M2.

Kehadiran aksesoris "dock" untuk tablet nampaknya akan menjadi tren mengingat sudah ada beberapa perusahaan teknologi yang mengadopsi hal ini.

Sebut saja seperti Amazon dengan tablet fire-nya mendukung sistem Amazon Echo Show memungkinkan pengguna bisa menggunakan tablet di atas meja sembari mengatur sistem rumah pintar-nya.

Lalu belum lama ini, Google juga mengumumkan akan menghadirkan tablet bernama Pixel Tablet dengan aksesoris "dock" yang mampu membantu pengisian daya nirkabel sekaligus menjadi speaker.

Perangkat itu juga disebut bisa menjadi pengontrol sistem rumah pintar yang telah terhubung dengan layanan Google Assistant dan disiapkan rilis di 2023.

Baca juga: Apple diminta jual iPhone dengan charger di Brazil

Baca juga: Selena Gomez tampil apa adanya di "Selena Gomez: My Mind and Me"

Baca juga: Rusia desak Apple jelaskan penghapusan aplikasi VK

Penerjemah: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022