ini termasuk ajang bagi generasi muda menunjukkan kreativitas
Kediri (ANTARA) - Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, Bali menggelar roadshow sekaligus pergelaran tari kolosal Cendet Ding Pituning Pitu Indonesia Raya Sujud Ibu di Candi Tegowangi, Kecamatan Plemahan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Wakil Bupati Kediri Dewi Mariya Ulfa mengatakan Pemerintah Kabupaten Kediri mengapresiasi pergelaran yang dilakukan ISI Denpasar, Bali di Candi Tegowangi, Kabupaten Kediri ini.

"Pemkab Kediri selalu membuka luas kerja sama di sektor budaya dan pariwisata dengan pihak manapun, sebagai upaya memberdayakan seni budaya daerah," kata Wabup di Kediri, Minggu.

Ia juga menambahkan, pergelaran yang digelar oleh ISI Denpasar, Bali ini sekaligus bisa menjadi ajang promosi pariwisata dan segala potensi daerah di Kabupaten Kediri.

Wabup juga menambahkan pergelaran seni ini tentunya juga turut menyumbang tambahnya wawasan serta penguasaan seni budaya utamanya terhadap kaum milenial.

"Ini termasuk ajang bagi generasi muda menunjukkan kreativitas. Selain itu, meningkatkan wawasan serta penguasaan seni budaya, pengetahuan kemampuan, kreativitas dan kerja keras dalam mengembangkan seni budaya dan mengelola talenta," kata Mbak Dewi, sapaan akrabnya.

Baca juga: Pemkot Kediri gelar pameran seni rupa virtual
Baca juga: Seniman luar negeri ikut pergelaran seni Kediri

Rektor ISI Denpasar, Bali I Wayan Adnyana mengatakan "Cendet Ding Pituning Pitu Indonesia Raya Sujud Ibu" itu merupakan suatu kreasi baru.

"Jadi ini merupakan pengembangan dari tradisi. Kami menyebutnya kreasi baru," katanya.

Dijelaskan "Cendet Ding Pituning Pitu Indonesia Raya Sujud Ibu" itu adalah cerita tentang kepahlawanan Garudeya (Garuda) yang tidak mengenal kematian untuk melakukan kepahlawanan dalam perjalanan menemukan Tirta Amerta, air suci yang nantinya digunakan untuk membebaskan sang ibu dari perbudakan.

Garudeya adalah sebuah mitos Hinduisme yang ada pada kalangan masyarakat Jawa Kuno tentang perjuangan kebebasan.

Cerita ini sangat popular di kalangan masyarakat Jawa saat itu sebagai cerita moral tentang pembebasan atau ruwatan Kesusastraan Jawa kuno berbentuk kakawin, mengisahkan tentang perjalanan Garuda dalam membebaskan ibunya dari penderitaan perbudakan dengan penebusan air suci amerta.

Baca juga: Mendikbudristek: ISI Denpasar bangun prospek kreatif tingkat global
Baca juga: ISI Denpasar raih penghargaan unggul untuk Indikator Kinerja Utama

Pergelaran ini merupakan rangkaian kegiatan "Bali Nata Bhuwana" pertama di 2022. Pihaknya memilih Kota Surabaya untuk pameran, seminar, dan workshop budaya dan selanjutnya di Kediri untuk pentas.

Ia menjelaskan, tari kolosal itu melibatkan 148 penari dari mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan di kampus. Kolaborasi bersama ini merupakan kreasi baru pengembangan tradisi yang menceritakan kepahlawanan Garudeya.

Kegiatan pentas itu juga menarik perhatian warga setempat. Mereka menyaksikan pagelaran di area candi. Para penari pun saat atraksi juga dilengkapi dengan busana sesuai dengan tarian. Mereka dengan kompak dan semangat menari membawakan tarian tentang kepahlawanan itu. 

Baca juga: ISI Denpasar tampilkan garapan baru Gambyuh Agung di Pawai PKB 2022
Baca juga: ISI Denpasar hadirkan 12 tokoh bereputasi dalam Bali-Bhuwana Waskita

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022