Natuna (ANTARA) - Landasan Udara Raden Sadjad (Lanud RSA) Natuna membuka kebun pisang untuk mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Natuna Provinsi Kepulauan Riau.

“Selain menanam pohon pisang kita juga menanam, cabai, sawi, terong, tomat dan kacang panjang dengan memanfaatkan ⁰ areal lahan kosong sekitar Lanud agar lebih menjadi produktif, sehingga hasilnya bermanfaat bagi warga sekitar Lanud RSA," kata Komandan Lanud Raden Sadjad Kolonel Pnb Jajang Setiawan dalam keterangan pers yang diterima di Natuna, Minggu.

Ia juga menyampaikan kebun pisang tersebut memanfaatkan lahan kosong yang berada di kawasan Lanud RSA dengan luas kurang lebih 1 hektare dan sebelumnya adalah lahan tidur.

“Mudah-mudah ini menjadi langkah yang baik buat kita menanam pohon pisang yang bermanfaat buat warga masyarakat di sekitar lanud dan khususnya buat personel serta warga Lanud Raden Sadjad,” katanya.

Baca juga: KSAD panen raya padi di Tulungagung
Baca juga: TNI tanam jagung di OKU Sumsel demi ketahanan pangan

Ia juga menjelaskan sebanyak 70 batang pohon bibit pisang yang ditanam didatangkan langsung dari Pulau Nias dengan jenis bibit pisang kepok unggul berumur 1,5 - 2 bulan dalam kondisi siap ditanam.

"Untuk perawatan selanjutnya, pohon pisang tersebut akan diberikan pupuk setelah satu bulan agar bertambah subur dan dirawat secara berkelanjutan oleh personel Lanud RSA, sehingga 3 bulan atau 90-100 hari ke depan bisa dipanen," jelasnya.

Terakhir Ia menegaskan gerakan tanam pohon pisang ini sebagai bentuk mendukung pemerintah dalam program ketahanan pangan nasional di wilayah Indonesia umumnya dan khususnya di wilayah Kabupaten Natuna.

Kegiatan pembukaan kebun pisang tersebut juga diikuti Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 17/D.I Lanud RSA, Ny. Novi Jajang Setiawan.

Baca juga: TNI AL raih penghargaan MURI tanam sorgum di lokasi terbanyak di dunia

Pewarta: Cherman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022