Saat kita memperingati Hari Internasional untuk Pengentasan Kemiskinan, kita menghadapi kenyataan pahit, dunia sedang bergerak mundur
PBB (ANTARA) - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada Senin (17/10/2022) menyerukan tindakan global mendesak untuk membalikkan tren negatif dalam pengentasan kemiskinan.

"Saat kita memperingati Hari Internasional untuk Pengentasan Kemiskinan, kita menghadapi kenyataan pahit, dunia sedang bergerak mundur," katanya dalam pesan video yang diputar pada acara memperingati Hari Internasional untuk Pemberantasan Kemiskinan yang jatuh pada 17 Oktober.

COVID-19 menjerumuskan jutaan orang ke dalam kemiskinan, menghambat kemajuan yang dicapai dengan susah payah selama lebih dari empat tahun. Ketimpangan semakin melebar. Ekonomi nasional dan rumah tangga terpukul oleh hilangnya pekerjaan, meroketnya harga makanan dan energi, dan bayang-bayang resesi global, katanya.

Pada saat yang sama, krisis iklim dan konflik yang berkecamuk menyebabkan penderitaan yang luar biasa, dengan orang-orang termiskin menanggung bebannya. Negara-negara berkembang sedang diperas kering, dan ditolak akses ke sumber daya dan penghapusan utang untuk berinvestasi dalam pemulihan dan pertumbuhan. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) didorong jauh dari jangkauan, tambahnya.

Baca juga: Sekjen PBB minta G20 arahkan pemulihan ekonomi global

Hari Internasional untuk Pengentasan Kemiskinan adalah peringatan bagi dunia, kata Guterres. Tema tahun ini, "Martabat untuk semua dalam praktik," harus menjadi seruan untuk aksi global yang mendesak: aksi untuk berinvestasi dalam solusi yang berpusat pada manusia -- mulai dari kesehatan dan pekerjaan yang layak, hingga kesetaraan gender, perlindungan sosial, serta transformasi pangan dan sistem pendidikan.

Selain itu, tindakan untuk mengubah sistem keuangan global yang bangkrut secara moral dan memastikan akses ke pembiayaan dan penghapusan utang untuk semua negara; tindakan untuk mendukung negara-negara berkembang saat mereka beralih dari bahan bakar fosil pembunuh planet ke energi terbarukan dan ekonomi hijau yang menciptakan lapangan kerja; tindakan untuk mengakhiri konflik, menyembuhkan perpecahan geopolitik dan mengejar perdamaian; dan tindakan untuk mencapai SDGs.

"Pada hari penting ini, mari kita perbarui komitmen kita untuk dunia yang lebih baik untuk semua. Mari kita tinggalkan kemiskinan ke halaman sejarah," kata Guterres.

Dalam sambutan pembukaannya pada acara tersebut, Presiden Majelis Umum PBB Csaba Korosi juga menyerukan tindakan -- melalui perdamaian, ilmu pengetahuan dan solidaritas -- untuk mengatasi dampak 3C dari perubahan iklim, COVID-19, dan konflik, yang menurutnya harus disalahkan atas terputusnya tren positif pengentasan kemiskinan.

Baca juga: Sekjen PBB serukan sistem peringatan universal untuk bencana iklim

"Jika kita ingin melihat tujuan 'Tanpa Kemiskinan' kita segera tercapai, kita harus mengakhiri pertempuran di mana-mana, termasuk di Ukraina," katanya.

Korosi menekankan peran ilmu pengetahuan dalam pengurangan kemiskinan. "Mengakar keputusan kita dalam sains akan menghasilkan solusi berbasis bukti. Mari kita manfaatkan pengetahuan ilmiah dan teknis kita untuk menghapus kemiskinan dari muka bumi," katanya.

Pandemi menyoroti pentingnya solidaritas baik untuk kohesi sosial di dalam negara, dan untuk keamanan kolektif antar negara. Momentum solidaritas ini harus tetap hidup, katanya. "Selain bantuan pembangunan resmi, kita harus memobilisasi lembaga keuangan, filantropi, dan sektor swasta. Kita harus menciptakan insentif untuk mendanai misi kita agar tidak ada yang tertinggal."

Baca juga: Studi PBB: pendudukan Israel memiskinkan rakyat Palestina
Baca juga: PBB: negara pulau kecil hadapi kondisi rentan


 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022