Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri Komisaris Jenderal Pol. Arief Sulistyanto mendirikan Klinik Utama di Cilincing, sebagai bentuk perhatian terhadap aspek pemulihan psikis anggota polisi air dan udara (Polairud) Jakarta Utara.

"Jadi selepas melakukan operasi (tugas kedinasan) biasanya ada trauma atau tegang, itu harus dipulihkan dulu, baru bisa kembali ke kesatuan," ujar Arief saat meresmikan Klinik Utama Baharkam Polri dan rumah dinas untuk tenaga kesehatan di Asrama Polisi Air dan Udara, Cilincing, Jakarta Utara, Selasa.

Baca juga: Polairud Polri ungkap tujuh kasus se Indonesia selama Mei 2022

Nantinya, Arief mengatakan anggota Polairud menjalani proses konsultasi dan bila perlu rehabilitasi di Klinik Utama Baharkam Polri, sebelum kembali ke keluarga dan berdinas lagi.

Namun, Arief juga mempersilakan masyarakat setempat mengakses pelayanan di Klinik Utama Baharkam Polri tersebut.

Dia menuturkan Klinik Utama Baharkam menyediakan empat kamar inap dengan 12 tempat tidur, ruangan Instalasi Gawat Darurat (IGD) dan juga tenaga dokter spesialis penyakit dalam, anak, hingga kandungan, serta didukung ruang laboratorium.

Baca juga: Kakorlantas: Apa pun yang dilakukan harus bermanfaat bagi masyarakat

Klinik tersebut mempunyai tenaga kesehatan dan dokter dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri yang dapat menjadi fasilitator pelayanan anggota Polri dan masyarakat umum dengan baik dan maksimal, terutama di Cilincing dan sekitarnya.

Jika memerlukan situasi khusus maupun penanganan rujukan, pasien akan dirujuk ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati.

Baca juga: Kapolri resmikan pengoperasian helikopter baru Korpolairud

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022