masyarakat betul-betul bisa menikmati kebebasan di jalan raya tanpa ada kendaraan bermotor dan tanpa polusi asap
Kota Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar Program Hari Bebas Kendaraan Bermotor Rafflesia Pantai Panjang Bengkulu pada Minggu, 23 Oktober 2022 dari kawasan Pantai Pasir Putih hingga Pantai Berkas Kota Bengkulu.
 
"Kami meluncurkan Program Hari Bebas Kendaraan Bermotor pada Minggu lusa yang akan diresmikan langsung oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah," kata Asisten I Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi Bengkulu Khairil Anwar di Kota Bengkulu, Jumat.
 
Ia menyebutkan untuk jalur yang akan digunakan pada kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) berawal dari Bundaran Pasir Putih hingga Taman Berkas untuk tahap pertama.
 
Jika kegiatan tersebut disambut antusias oleh masyarakat maka akan ditambah ke lokasi kawasan Jalan Suprapto Kota Bengkulu dan kawasan lainnya.
 
"Ini kalau memang uji coba di kawasan Pantai Panjang berhasil, mungkin diperluas, seperti di kawasan Suprapto dan kawasan lainnya, tapi kita lihat bagaimana antusias masyarakat," ujarnya.

Baca juga: DLH Kota Bengkulu perluas tempat penampungan sampah

Baca juga: Pabrik sawit Mukomuko diingatkan antisipasi pencemaran Sungai Kukun
 
Untuk arus lalu lintas, kata dia, diatur oleh Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu bekerja sama dengan pihak kepolisian.
 
HBKB di Bengkulu diharapkan dapat menghidupkan perekonomian usaha dari Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Bengkulu.
 
Sebab, dengan adanya keramaian tanpa ada kendaraan yang melintas, mendorong para pelaku usaha berbondong-bondong mendekat untuk menjajakan dagangannya.
 
Lanjut Khairil, saat peluncuran HBKB Rafflesia akan banyak kegiatan seperti senam germas dan disway serta pemeriksaan kesehatan.

Kemudian tes kebugaran, jalan sehat dan sepeda bersama, donor darah, vaksinasi COVID-19, pemaparan produk UMKM dan promosi kegiatan organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu.
 
"Kegiatan ini dilakukan supaya ada ruang betul dalam satu hari dalam satu Minggu. Memang masyarakat betul-betul bisa menikmati kebebasan di jalan raya tanpa ada kendaraan bermotor dan tanpa polusi asap, itu akan dimulai dari pukul 6.00 WIB hingga pukul 10.00 WIB," sebut Khairil.

Baca juga: Komunitas di Bengkulu gelar teatrikal peringati hari lingkungan hidup

Baca juga: DLHK minta KLHK tinjau ulang izin dua perusahaan di Bengkulu

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022