Harapannya dengan adanya Balai pelatihan Vokasi Provinsi DIY di Bantul ini akan menjadi pembina bagi BLK-BLK yang ada di provinsi DIY dan sekitarnya
Bantul, DIY (ANTARA) - Pemerintah pusat membangun Balai Pelatihan Vokasi Unit Pelaksana Teknis Pusat (UPTP) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) di lokasi bekas Balai Latihan Kerja (BLK) Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Ini adalah 'ground breaking' pembangunan Balai Pelatihan Vokasi UPTP Kemenaker. Jadi kami ingin melakukan transformasi seluruh BLK-BLK yang ada," kata Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziah usai peletakan batu pertama pembangunan Balai Pelatihan Vokasi UPTP Kemenaker di Bantul, Jumat sore.

Menaker mengatakan pihaknya saat ini memang sedang melakukan pembangunan balai pelatihan vokasi sekurang-kurangnya satu balai pelatihan vokasi di setiap provinsi yang ada di Indonesia.

"Dan untuk Yogyakarta kami telah menerima hibah tanah dan juga bangunan dari Pemerintah Kabupaten Bantul, dengan hibah ini berarti mulailah pembangunan untuk Balai Pelatihan Vokasi untuk wilayah DIY yang kami letakkan di Bantul ini," katanya.

Menaker berharap Balai Pelatihan Vokasi UPTP Kemenaker di Bantul ini bisa menjadi acuan bagi prasarana dan sarana tempat pelatihan untuk mendapatkan keterampilan atau yang ingin mendalami keahlian sesuai bidangnya masing-masing di kabupaten/kota se-DIY.

"Harapannya dengan adanya Balai pelatihan Vokasi Provinsi DIY di Bantul ini akan menjadi pembina bagi BLK-BLK yang ada di provinsi DIY dan sekitarnya," kata Ida Fauziah.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Bantul, Istirul Widilastuti mengatakan, bahwa pembangunan Balai Pelatihan Vokasi UPTP Kemenaker ini dianggarkan sebesar Rp17 miliar, dan pembangunan dilakukan bertahap sampai 2024.

"Untuk sementara ini membangunnya gedung administrasi dulu, kemudian LSP atau lembaga sertifikasi profesi, dan kemudian gedung workshop, nanti pembangunannya bertahap, targetnya selesai sampai 2024," katanya.

Baca juga: Kemenaker andalkan pelatihan vokasi dorong penyerapan tenaga kerja

Baca juga: Pemerintah siapkan pendidikan vokasi untuk SDM Bandara Kulon Progo

Baca juga: Menaker : Hibah lahan dari Sultra bangun balai vokasi internasional

Baca juga: Kemenperin rangkul 117 perusahaan 389 SMK di Jateng, Yogyakarta


 

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022