...anak-anak yang telah memasuki balai pelatihan vokasi betul-betul sudah disiapkan sesuai permintaan pasar. Itu sungguh sangat penting
Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf Presiden Jenderal TNI (Purn) Moeldoko menilai Balai Pelatihan Vokasi yang berada di bawah naungan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sudah memadai untuk mengembangkan kompetensi SDM Indonesia.

Moeldoko dalam keterangannya di Jakarta, Selasa, mengatakan selain sarana dan prasarana, program pelatihan yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan industri adalah kunci.

"Sehingga anak-anak yang telah memasuki balai pelatihan vokasi betul-betul sudah disiapkan sesuai permintaan pasar. Itu sungguh sangat penting," katanya usai meninjau Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Bekasi.

Sementara itu Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan untuk mendorong peningkatan kompetensi SDM melalui pelatihan vokasi, pemerintah telah menerbitkan Perpres Nomor 68 Tahun 2022 tentang Revitalisasi Pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi.

Baca juga: Wapres: Transformasi BLK harus tampak dalam penyelenggaraan pelatihan

Selain melalui Pepres tersebut, Menaker Ida Fauziyah menambahkan Kemnaker juga telah mencanangkan sembilan Lompatan Kemnaker, di mana salah satunya adalah kebijakan Transformasi BLK (Balai Latihan Kerja).

"Melalui Transformasi BLK ini kami tidak hanya mengubah nama BLK menjadi BPVP dan BBPVP semata, namun lebih dari itu kami juga melakukan penguatan program pelatihan, sarana dan prasarana, hingga kolaborasi dengan dunia usaha dan industri," tutur Menaker Ida Fauziyah.

Ia mengungkapkan transformasi BLK mencakup rebranding BLK, reformasi kelembagaan, re-desain substansi pelatihan, revolusi SDM, revitalisasi fasilitas dan sarana prasarana, dan relationship, atau disingkat 6R.

"Kami terus berproses dalam transformasi BLK ini, dimana BLK-BLK harus memenuhi semua komponen 6R ini, sehingga dapat terwujud link and match antara sisi penyiapan SDM dengan kebutuhan SDM di industri," ujarnya.

Baca juga: Kemnaker: Pelatihan vokasi percepat pemenuhan kebutuhan tenaga kerja
Baca juga: Kemnaker gelar pelatihan vokasi di KITB agar warga terserap industri
Baca juga: Menaker minta optimalkan transformasi BLK untuk tekan angka kemiskinan



 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023