menjadi salah satu solusi yang perlu diupayakan bersama
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) menyalurkan sarana pertanian perkotaan (urban farming) berupa rak hidroponik ke sejumlah pesantren di Jakarta dalam rangka Hari Santri Nasional 2022.

"Dalam memenuhi kebutuhan pangan, kegiatan urban farming menjadi salah satu solusi yang perlu diupayakan bersama," kata Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono saat menyerahkan bantuan di Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu.

Heru berharap sarana pertanian ini dapat memantik semangat bagi para santri dalam menerapkan urban farming dan mewujudkan kemandirian pangan di lingkungan pesantren.

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta Suharini Eliawati menambahkan ada 50 unit rak hidroponik yang diberikan kepada 25 pondok pesantren di Jakarta.

Adapun yang menerima bantuan secara simbolis adalah perwakilan dari pesantren yaitu Al Hamid, Cipayung, Jakarta Timur, Darunnajah, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Minhajut Tholibin, Kalideres, Jakarta Barat, Al Wathoniyah 43, Cilincing, Jakarta Utara dan Minhaajurrosidin, Cipayung, Jakarta Timur.

Eli mengatakan pihaknya siap mendukung dan mendampingi pesantren-pesantren di Jakarta dalam mengembangkan urban farming di lingkungannya.

"Para santri juga dapat belajar metode urban farming dan memproduksi hasil pangan lokal dengan memanfaatkan lahan yang terbatas, sekaligus berpartisipasi dalam gerakan mewujudkan kemandirian ketahanan pangan di Indonesia," ujar Eli.

Sementara itu, terkait peringatan Hari Santri 2022, Kepala Kanwil Kementerian Agama DKI Cecep Khairul Anwar mengatakan peringatan tahun ini mengusung tema "Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan".

Tema itu diharapkan dapat memotivasi para santri agar lebih berdaya dalam meningkatkan kualitas diri di masa yang akan datang.

"Penerapan konsep urban farming yang dirawat dengan minimnya penggunaan bahan pestisida kimia, dapat menghasilkan produk pertanian yang lebih sehat dan segar," ujar Cecep.

Selain penyerahan bantuan, Pemprov DKI juga melakukan penanaman pohon alpukat cipedak, mangga garifta, duku condet, jambu jamaika, dan rambutan rapiah.
Baca juga: Ma'ruf Amin: Program pemerintah berbasis pesantren percepat PEN
Baca juga: Menag ajak santri doakan bangsa dan ulama
Baca juga: Menag minta aksara pegon dibakukan agar tak menghilang


 

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022