Belitung (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mencatat jumlah kasus aktif COVID-19 di daerah itu sampai hari ini masih tersisa satu orang pasien.

"Kasus aktif COVID-19 sampai hari ini tersisa satu orang dan diharapkan segera sembuh sehingga Kabupaten Belitung dinyatakan nihil COVID-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Belitung, Dian Faridah di Tanjung Pandan, Sabtu.

Menurut dia, satu orang pasien COVID-19 tersebut saat ini menjalani perawatan secara mandiri dengan tetap diawasi oleh petugas dinas kesehatan setempat.

Ia mengatakan jumlah kasus aktif COVID-19 di Belitung sejak Maret 2020 tercatat sebanyak 10.690 orang, kasus sembuh 10.429 dan meninggal dunia 260 orang.

Baca juga: Stok vaksin COVID-19 di Kabupaten Belitung habis

Baca juga: Jumlah pasien COVID-19 di Bangka Belitung berkurang


"Jumlah pemeriksaan yang kami lakukan pada hari ini kepada sebanyak sembilan orang," ujarnya.

Pihaknya terus melakukan sosialisasi pencegahan dan pengendalian COVID-19 kepada masyarakat di daerah itu.

Hal ini tetap dilakukan meskipun kasus COVID-19 terus melandai tetapi masyarakat diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

"Karena sesungguhnya pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir," katanya.

Sementara itu pihaknya juga terus meningkatkan capaian vaksinasi COVID-19 guna membentuk kekebalan kelompok masyarakat dari penularan COVID-19.

Layanan vaksinasi tetap dibuka di sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan dan gerai vaksin yang disediakan di daerah itu.

"Namun, saat ini stok vaksin masih kosong dan kami sedang menunggu pengiriman stok vaksin tambahan," ujarnya.*

Baca juga: Bertambah 15, posiif COVID-19 di Bangka Belitung jadi 66 orang

Baca juga: Kasus COVID-19 di Babel Juli 2022 bertambah 178 orang

Pewarta: Kasmono
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022