Pangkalpinang (ANTARA) - Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan Bangka Belitung nol pasien COVID-19 aktif yang menjalani isolasi, karena kedisiplinan masyarakat menerapkan protokol kesehatan dan vaksinasi yang tinggi.

"Alhamdulillah, hari ini seluruh pasien sembuh dari COVID-19," kata Sekretaris Satgas Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Babel Mikron Antariksa di Pangkalpinang, Rabu.

Baca juga: Satgas: Bangka Belitung nihil kasus harian COVID-19

Ia mengatakan berdasarkan data terbaru, hari ini, Rabu (11/5) tidak ada penambahan kasus orang terpapar COVID-19 maupun meninggal akibat virus corona di Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur, dan Kota Pangkalpinang.

"Kita bersyukur dalam sepekan terakhir ini tidak ada penambahan kasus dan ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk selalu menerapkan prokes dan mengikuti vaksinasi COVID-19 semakin tinggi," katanya.

Menurut dia, animo dan antusiasme masyarakat untuk divaksin COVID-19 sangat tinggi. "Kita berkolaborasi antar-pemangku kepentingan dan sinergi lintas sektor. Dampaknya cukup besar dalam upaya bersama untuk lepas dari krisis akibat pandemi COVID-19," ujarnya.

Ia menegaskan meskipun vaksinasi COVID-19 sudah diberikan, tidak berarti bahwa orang yang sudah divaksin boleh mengabaikan protokol kesehatan.

"Kita tak boleh lengah atau panik, namun harus tetap awas, waspada dan juga peduli. Vaksinasi COVID-19, kemudian prokes 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas, serta menghindari kerumunan dan makan bersama serta testing, tracing, dan treatment merupakan satu rangkaian utuh yang tidak terpisahkan," katanya.

Baca juga: Satgas: Seluruh kabupaten/kota di Babel berstatus PPKM level 2

Baca juga: Babel kerahkan 2.250 petugas awasi 24.998 warga suspek COVID-19

Pewarta: Aprionis
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022