Dengan adanya Hari Bebas Kendaraan masyarakat dapat berolahraga dengan bebas dan menikmati udara pagi pantai tanpa terganggu aktivitas kendaraan
Kota Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu meresmikan kegiatan Hari Bebas Kendaraan yang dilaksanakan setiap dua pekan sekali yang diikuti ribuan masyarakat Bengkulu.
 
"Sebagai masyarakat kami menyambut dengan antusias adanya kegiatan Hari Bebas Kendaraan yang diselenggarakan oleh pemerintah," kata salah satu peserta Hari Bebas Kendaraan, Citra di Kota Bengkulu, Ahad (23/10) 2023.
 
Ia menyebutkan dengan adanya Hari Bebas Kendaraan masyarakat dapat berolahraga dengan bebas dan menikmati udara pagi pantai tanpa terganggu aktivitas kendaraan.
 
Selain itu, kawasan bebas kendaraan di Provinsi Bengkulu juga disediakan berbagai macam makanan olahan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat Provinsi Bengkulu.
 
Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengatakan bahwa kawasan bebas kendaraan dimulai dari Pantai Pasir Putih hingga kawasan Pantai Berkas Kota Bengkulu.
 
Kegiatan ini, kata dia, merupakan bentuk komitmen Pemprov Bengkulu dalam menata dan mengelola kawasan wisata pantai panjang setelah HPL dikeluarkan Kementerian Agraria dan Tata Ruang (BPN).
 
Selain itu, juga untuk meramaikan dan menghidupkan kepariwisataan serta memberi ruang kepada masyarakat untuk dapat berolahraga maupun aktivitas lain tanpa gangguan dari kendaraan sejak pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.
 
"Ini perdana kita gelar untuk pemanfaatan TWA Pantai Panjang Bengkulu, setelah ditetapkan kementerian di bawah pemprov, Secara berkala akan kita lakukan setiap dua pekan yang akan kita pusatkan di Pantai Panjang Bengkulu," katanya.
 
Pemprov Bengkulu juga melakukan penataan perizinan bangunan di kawasan Pantai Panjang yang akan disesuaikan dengan HPL dari Kementerian terkait dengan HGB dan beberapa jenis perizinan lainnya.
 
Kegiatan ini dilakukan untuk menghidupkan UMKM, memperbaiki penataan bangunan, pemandangan yang menjadi daya tarik dasar dari kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu.
 
Oleh karena itu, dirinya meminta kepada seluruh masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam menjaga kebersihan wisata Pantai Panjang Kota Bengkulu.
 
Dalam Hari Bebas Kendaraan, masyarakat dapat melakukan pemeriksaan kesehatan seperti kolesterol, gula darah dan asam urat serta stand pelayanan vaksinasi COVID-19, demikian Rohidin Mersyah.

Baca juga: Pemprov Bengkulu gelar hari bebas kendaraan bermotor 23 Oktober

Baca juga: DKI kembali berlakukan hari bebas kendaraan bermotor

Baca juga: Pantai Panjang Bengkulu bebas kendaraan bermotor di Tahun Baru

Baca juga: Hari Bebas Kendaraan momentum bangun kesadaran kurangi emisi

Pewarta: Anggi Mayasari
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022