Indonesia sangat istimewa untuk saya. Di sini saya sempat menjadi juara dan runner up tidak bisa dibayangkan kembali meraih hasil terbaik di sini
Jakarta (ANTARA) - Pebulu tangkis Malaysia Leong Jun Hao sukses meraih gelar juara pada turnamen Indonesia Masters 2022 di Kota Malang yang merupakan kota kelahiran sang pelatih, Hendrawan.

Leong menjadi satu-satunya wakil dari Negeri Jiran yang membawa pulang gelar kampiun Indonesia Masters, usai mengalahkan wakil senegaranya, Cheam June Wei dengan skor 9-21, 22-20, 21-19 dalam tempo 1 jam 7 menit.

"Indonesia sangat istimewa untuk saya. Di sini saya sempat menjadi juara dan runner up tidak bisa dibayangkan kembali meraih hasil terbaik di sini," kata Leong, dalam rilis resmi PBSI di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Rui/Yuna akui sempat kesulitan beradaptasi di Indonesia Masters

Dalam kariernya, Leong pernah menjuarai gelaran Pembangunan Jaya Raya Badminton Asia Junior Championships 2017 di Bintaro dan runner up BWF World Junior Championships 2017 yang digelar di Yogyakarta.

Pada turnamen Indonesia Masters, pemain bertinggi badan 173cm itu mengaku sebenarnya kurang baik dalam menjalani laga pada gim pertama sehingga sempat tertinggal dengan skor cukup telak.

Beruntung, juara Finnish Open 2018 itu mampu bangkit di gim kedua dan ketiga hingga meraih gelar juara turnamen BWF World Tour Super 100 tersebut.

"Permainan saya tidak stabil di laga ini, lawan tampil menekan dan saya hanya bisa bertahan di gim pertama. Saya mencoba lebih percaya diri di gim ini dan fokus untuk akhirnya meraih gelar juara di sini," ujarnya.

Baca juga: Pebulu tangkis Gao Fang Jie terkesan dengan Malang

Dengan kemenangan itu, Leong juga berharap seniornya yakni Lee Zii Jia juga mampu menjadi juara di Denmark Open 2022. Juara All England 2020 itu akan menghadapi wakil China, Shi Yu Qi pada partai final turnamen BWF level 750 tersebut.

"Saya tentu berharap kemenangan ini bisa memberikan inspirasi untuk kawan saya, Lee Zii Jia. Saat di BAM (PBSI-nya Malaysia) dia sering sharing permainan dengan saya." tambah Leong.

"Sejauh ini, saya sering beberapa kali makan bersama dan jalan dengan Lee Zii Jia meski sudah memutuskan menjadi pemain senior," pungkas Leong.

Baca juga: Pramudya/Rahmat juara Indonesia Masters Super 100

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022