Pemain juga harus belajar bagaimana teknik dasar yang harus bisa dilakukan dengan sangat baik
Jakarta (ANTARA) - Akademi Persib Putri menjadikan kegagalan meraih juara dalam turnamen Women Football Championship (WFC) di Singapapura yang berlangsung 17-21 Oktober 2022, sebagai pembelajaran berharga untuk ajang berikutnya.

Menurut Pelatih Akademi Persib Putri Iwan Bastian, ajang tersebut memberikan pembelajaran berharga bagi timnya secara menyeluruh, mulai bagaimana tim lain melatih pemain, terutama sesi pemanasan menjelang permainan.

"Pemain juga harus belajar bagaimana teknik dasar yang harus bisa dilakukan dengan sangat baik. Saya harap, pengalaman ini akan bermanfaat untuk tim ke depannya," kata pelatih yang akrab disapa Ibas itu, melalui laman resmi klub, Minggu.

Baca juga: Akademi Persib Putri berharap menangkan laga terakhirnya pada WFC 2022

Pada turnamen itu, Akademi Persib menelan tiga kekalahan beruntun, yakni kontra Phranakorn FC (Thailand), kemudian Lion City Sailors selaku wakil tuan rumah, dan terakhir melawan Kaya FC-Iloilo (Filipina).

Setelah sekitar sepekan mengikuti WFC di Singapura melawan tiga tim Asia Tenggara, Zilfa Anindya dan kawan-kawan akhirnya kembali ke Tanah Air, Minggu dini hari.

Setiba di Bandung, Ibas langsung memulangkan skuad Putri Biru untuk beristirahat, dan memberikan kesempatan kepada sejumlah pemainnya untuk memperkuat daerahnya masing-masing dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV/2022, November mendatang.

"Semua pemain dipulangkan karena sudah sangat lelah. Banyak pemain kami yang juga memperkuat daerahnya di Porprov. Jadi, saya persilakan mereka untuk gabung tim daerahnya masing-masing. Sementara tim pelatih melakukan evaluasi," papar Ibas.

Akademi Persib Putri memboyong 18 pemain untuk tampil di ajang Women Football Championship (WFC) yang berlangsung di Singapura, 17-21 Oktober 2022, dan menjadi satu-satunya wakil dari Indonesia.

Mayoritas dari 18 pemain itu adalah binaan Akademi Persib yang dipersiapkan untuk berlaga di Liga 1 Putri.

Baca juga: Akademi Persib Putri boyong 18 pemain ke turnamen WFC di Singapura
Baca juga: Empat pemain Akademi Persib Putri perkuat Timnas U-18

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022