Meskipun kontak fisik sering terjadi saat mereka bertanding, namun mereka mampu menjaga rasa sportivitas
Jakarta (ANTARA) - Tim futsal DPP Mapancas (Mahasiswa Pancasila) menjadi juara dalam turnamen Road to Hari Sumpah Pemuda (HSP) 2022 atau dalam rangka menyambut peringatan ke-94 HSP 2022.

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Senin, DPP Mapancas menjadi yang terbaik usai mengalahkan Tim Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) melalui adu penalti dengan skor 3-1 setelah sebelumnya imbang 1-1 di Lapangan Futsal Kemenpora, Senayan, Jakarta, Minggu.

Berkat kemenangan ini, DPP Mapancas berhak atas uang pembinaan sebesar Rp12 juta, sementara Tim UMJ mendapat uang pembinaan Rp8 juta.

Baca juga: Sambut Hari Sumpah Pemuda, Kemenpora gelar dua turnamen olahraga

Sedangkan Tim Universitas Pamulang dan Tim UNJ yang menempati posisi ketiga dan keempat masing-masing mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp5 juta dan Rp3 juta.

Selain meraih gelar juara, Tim DPP Mapancas, terpilih sebagai Tim Fair Play dan top skor (Saddam–5 gol) dengan masing-masing mendapat Rp500 ribu.

Sedangkan penjaga gawang terbaik Nurcholish (UNJ) dan pemain terbaik I Made Radite Wiguna juga mendapat Rp500 ribu.

Sekretaris Deputi (Sesdep) 2 Kementerian Pemuda dan Olaraga (Kemenpora) Edi Nurindra mengaku bangga karena peserta menunjukkan sportivitas.

"Meskipun kontak fisik sering terjadi saat mereka bertanding, namun mereka mampu menjaga rasa sportivitas. Hal inilah yang kami harapkan. Melalui turnamen ini, kami berharap rasa persatuan di antara kaum muda bisa terus terjaga," ujar Edi.

Baca juga: Puncak Hari Sumpah Pemuda 2022 dipusatkan di IKN

Edi juga menambahkan turnamen olahraga di kalangan pemuda akan terus berlanjut.

"Deputi 2 Kemenpora bukan hanya akan menggelar kembali turnamen seperti ini pada tahun berikutnya. Namun cabang olahraga yang dipertandingkan pun akan ditambah. Sehingga turnamen akan lebih semarak. Pesertanya pun kami harapkan akan makin banyak," katanya menambahkan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Pilar Saga Ichsan yang berkesempatan memberikan piala kepada juara turnamen futsal, sangat bangga karena tiga besar dalam turnamen futsal di Kemenpora, berasal dari Tangerang Selatan.

"Ini merupakan kebangkitan tim futsal Tangerang Selatan. Khusus untuk DPP Mapancas yang tampil sebagai juara, kami akan memberikan bonus Rp10 juta," kata Pilar Saga yang juga Ketua Umum DPP Mapancas.

Selain turnamen futsal antarkampus dan organisasi kepemudaan, dalam menyambut HSP 2022 turut dipertandingkan juga turnamen cabang olahraga bulu tangkis dan esports antarjurnalis.

Baca juga: Timnas futsal Indonesia terhenti di perempat final di Piala Asia 2022

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022