Volume ini cukup besar untuk mengalirkan genangan
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) membangun sodetan saluran air untuk mengatasi banjir di Jalan Raya Jambore, Kelurahan Cibubur, Kecamatan Ciracas.

Kasudin Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Timur, Wawan Kurniawan, di Jakarta, Senin, mengatakan sodetan tersebut untuk mengalihkan debit air di Jalan Raya Jambore ke Waduk Rawa Dongkal, Ciracas.

"Volume ini cukup besar untuk mengalirkan genangan yang ada di Jalan Jambore," kata Wawan.

Wawan menambahkan pembangunan sodetan itu dilakukan karena berdasarkan hasil pemeriksaan pemicu banjir di Jalan Raya Jambore tersebut akibat kontur jalan cekung, sehingga ketika hujan deras kerap terendam.

Baca juga: Saluran air di Duren Sawit Jakarta Timur ditargetkan selesai November

Dia mengatakan pembangunan sodetan tersebut akan dibuat sepanjang satu kilometer dan memiliki kedalaman sekitar satu hingga tujuh meter, sementara kedalamannya sekitar 100 sentimeter.

"Rencananya, sodetan atau 'jacking' saluran air kita buat awal tahun depan," ujar Wawan.

Terkait anggaran pembangunan sodetan, Wawan mengaku belum dapat memastikan berapa besaran dana yang dikucurkan, namun dia memprediksi bakal mencapai Rp10 miliar.

Sementara itu, untuk pengerjaan sodetan dari Jalan Raya Jambore ke Waduk Rawa Dongkal diperkirakan akan berlangsung pada Mei dan Juni 2023. 

Baca juga: SDA Jaktim tambah dua pompa air untuk antisipasi genangan

"Ketinggian air di Jalan Raya Jambore bervariasi, dari 20 sampai 35 sentimeter. Ini dari hasil rata-rata genangan berulang," kata Wawan.

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022