minta seluruh anggota Polri untuk menghentikan penampilan berlebihan
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai kesederhanaan anggota kepolisian akan memudahkan Polri untuk diterima seluruh masyarakat.

Sebaliknya, jika anggota polisi menampilkan gaya hidup hedonisme maka justru bisa menimbulkan jarak antara Polri dengan masyarakat, kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan Edi dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin malam.

"Kami minta seluruh anggota Polri untuk menghentikan penampilan berlebihan. Kita dukung kebijakan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo agar polisi menjalani pola hidup sederhana," katanya.

Akademisi dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini mengatakan penampilan anggota Polri dan keluarganya saat ini begitu banyak disorot publik.

Baca juga: Kepala Polda Kalimantan Selatan ajak anggota hidup sederhana

"Penampilan yang disorot publik mulai dari fesyen, jam tangan, sepatu, tas bermerek hingga kendaraan mewah," katanya.

Edi meminta Divisi Profesi dan Pengamanan Internal (Propam) Polri untuk mengawasi anggota Polri dan keluarga yang masih tampil hedonisme dan menggunakan kendaraan secara menyolok.

"Kami ajak seluruh jajaran Polri untuk hindari tampilan berlebihan. Pejabat kepolisian cukup gunakan mobil dinas apa adanya," katanya menegaskan.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengingatkan seluruh jajarannya dan keluarganya untuk memiliki kepekaan menghadapi krisis dengan hidup secara sederhana meskipun berasal dari keluarga berada.

Baca juga: Iqbal: Semua polisi dilarang pamer di media sosial

"Saya tahu. Mungkin rekan-rekan juga berangkat dari orang berada, tapi saat ini bukan waktunya untuk dipamer-pamerkan," kata Sigit dikuti dari akun Instagram resmi miliknya @listyosigitprabowo di Jakarta, Senin.

Kapolri juga meminta seluruh jajaran Polri mulai dari tingkat kapolsek, kapolres, kapolda hingga perwira tinggi (pati) untuk mengurangi risiko menjadi sorotan dengan menyesuaikan diri dengan keadaan dan sesuai aturan yang ada.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo menyebutkan arahan Kapolri terkait anggota Polri hidup sederhana tersebut disampaikan dalam video konferensi dengan seluruh kapolsek, kapolres, kapolda dan Mabes Polri pada Jumat (21/10).

Baca juga: Polri: Imbauan hidup sederhana ingatkan polisi teladan masyarakat

Pewarta: Santoso
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022